alexametrics

Google Gelontorkan Dana Rp28 Miliar Untuk Bantu 10.000 Calon Ahli IT Indonesia

M Nurhadi
Google Gelontorkan Dana Rp28 Miliar Untuk Bantu 10.000 Calon Ahli IT Indonesia
Ilustrasi Kantor Google. [Cristina Aldehuela/AFP]

Google bersama INCO akan melatih 10.000 orang Indonesia melalui program Google IT Support Certificate di platform pembelajaran online Coursera.

Suara.com - Google menyalurkan hibah senilai 2 juta dolar AS melalui INCO untuk mendukung pemulihan ekonomi di Indonesia. Hal ini ditandai dengan acara Google for Indonesia 2021 pada Kamis (2/12/2021).

Melalui filantropi perusahaan Google.org, Google bersama INCO akan melatih 10.000 orang Indonesia melalui program Google IT Support Certificate di platform pembelajaran online Coursera.

“Google IT Support Certificate adalah sertifikat karier level profesional yang paling dicari di Coursera. Program ini memberikan kemampuan siap kerja dan landasan yang bagus untuk memulai karir baru,” ujar Managing Editor Google Indonesia Randy Jusuf secara virtual.

Ia menyebut, dukungan Google pada INCO akan membantu memberdayakan generasi muda agar dapat memanfaatkan banyaknya peluang kerja seiring ekonomi digital yang kian maju.

Baca Juga: Pinjol Ilegal Masih Menjamur Karena Aplikasi Mudah Dijajakan di Google Play Store

"Sebagai penerima hibah Google.org, INCO berpartner dengan Yayasan Plan International Indonesia untuk menyediakan beasiswa IT Certificate melalui program bernama INCO Academy - Work in Tech. Mereka juga akan membantu para peserta program yang kurang beruntung untuk menyelesaikan kursus online tersebut dengan sukses," ungkapnya.

Google.org juga akan membantu memfasilitasi upaya sukarela dari karyawan Google dan menyediakan donasi non-finansial untuk membantu para peserta program saat menjalani kursus online.

Google IT Support Certificate berharap, mampu membantu orang-orang Indonesia mendapatkan kemampuan yang diperlukan untuk memulai karier sebagai system analyst, database administrator, network engineer, IT specialist, atau teknisi help desk.

“Kami harap akses ke kredensial karier ini dapat mempermudah anak muda dalam mengatasi tantangan yang dihadapi seiring perekonomian kita beranjak keluar dari pandemi," pungkasnya.

Baca Juga: Cara Hapus Akun Google, Lewat HP, PC hingga Gmail

Komentar