alexametrics

Darmawan Prasodjo Langsung Dapat Tugas Baru Setelah Geser Zulkifli Zaini dari PLN

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Darmawan Prasodjo Langsung Dapat Tugas Baru Setelah Geser Zulkifli Zaini dari PLN
RUPS PLN tahun 2021 memutuskan mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, menggantikan Zulkifli Zaini.

Darmawan Prasodjo diminta untuk tidak hanya mengurusi perbaikan kinerja finansial PLN saja.

Suara.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN yang baru yakni Darmawan Prasodjo untuk tidak hanya mengurusi perbaikan kinerja finansial saja.

Akan tetapi, tegas dia, juga bisa melakukan transformasi energi hijau yang bisa dimanfaatkan PLN ke depannya.

"Penerapan Ecolifestyle menjadi kebutuhan utama demi menciptakan lingkungan yang berkesinambungan untuk generasi masa kini dan generasi masa depan," ujar Erick Thohir dalam sambutannya, Senin (6/12/2021).

Dalam hal ini, Erick Thohir juga meminta kepada Bos PLN yang baru agar mulai melakukan perbaikan atas model bisnis, dan juga bisa menjalankan bisnis PLN secara efektif.

Baca Juga: Erick Thohir Angkat Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN Gantikan Zulkifli Zaini

"PLN perlu mempersiapkan diri untuk melakukan akselerasi bisnis dalam menghadapi trend baru seperti ekosistem kendaraan listrik," ucap Erick Thohir.

Sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021 memutuskan mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, menggantikan Zulkifli Zaini. Surat Keputusan RUPS disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir di Kantor Pusat PT PLN (Persero) di Jakarta dan berlaku sejak 06 Desember 2021.

Acara ini dihadiri oleh Menteri dan Wakil Menteri 1 BUMN, Deputi Kementerian BUMN, jajaran Komisaris PLN, dan seluruh Direksi PLN.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan dalam mengelola perusahaan terutama dalam BUMN, seorang pemimpin harus menyandarkan tanggung jawab yang diemban dengan hati dan keikhlasan.

“Karena bagaimanapun juga, jabatan yang diberikan kepada kita tak lain sebuah amanah. Amanah untuk memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada negara dan memiliki dampak sosial seluas-luasnya berupa peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Erick Thohir.

Baca Juga: 82 Gardu Listrik di Lumajang Padam, PLN Sulit Jangkau Lokasi Erupsi Gunung Semeru

Komentar