alexametrics

Ini Sederet Tugas Bos Baru PLN Darmawan Prasodjo

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Ini Sederet Tugas Bos Baru PLN Darmawan Prasodjo
Dirut PLN Darmawan Prasodjo (pln.co.id)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menunjuk Darmawan Prasodjo menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN).

Suara.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah menunjuk Darmawan Prasodjo menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN). Penunjukan Darmawan disahkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN.

Namun, banyak tugas yang menanti Darmawan untuk dikerjakan. Salah satunya, mengatasi permasalahan PLN yang kelebihan pasokan atau over supply

"Kemudian juga saat ini ada program namanya karbon netral transisi ke energi baru terbarukan untuk itu perlu adanya persiapan dalam diri PLN program inj berjalan dengan baik," ujar Darmawan dalam konferensi pers di Jakarta Senin (6/12/2021).

Tugas selanjutnya, Darmawan diminta untuk merestrukturisasi strategi-strategi ke depan, agar bisa memanfaatkan langsung, jika ada potensi bisnis yang besar.

Baca Juga: Profil Darmawan Prasodjo, Eks Caleg PDIP yang Dilantik Jadi Dirut PLN

"Beliau juga memasrahkan kepada PLN bahwa transformasi yang sudah berjalan selama dua tahun ini secara holistik salah satunya adalah dari keuangan yang sudah berjalan dengan baik itu oerlu dilanjutkan baik itu pengelolaan kita baik itu pengelolaan capital," ucap dia.

Selain itu, Darmawan juga mendapat tugas agar PLN juga bisa mengembangkan energi ramah lingkungan atau energi baru dan terbarukan (EBT).

"Itulah yang harus dipecahkan oleh PLN (tidak membebani APBN) . Apakah ini suatu tantangan? Ini suatu tantangan tetapi ini semua harus bisa diurai dan bisa diselesaikan," tutur dia.

Dalam hal ini, Darmawan mengaku telah memiliki strategi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di PLN.

Misalnya, pada permasalahan oversupply, PLN akan menundukung kebijakan pemerintah soal kompor induksi hingga mobil listrik.

Baca Juga: Perlu Sinergitas Lembaga dalam Membangun Ekosistem Kendaraan Listrik

"Kami juga melakukan upaya meningkatkan konsumsi di sektor-sektor agriculture yaitu mengubah penggunaan BBM di agrikultur menjadi menggunakan dari listrik," kata dia.

Komentar