alexametrics

Profil Darmawan Prasodjo, Eks Caleg PDIP yang Dilantik Jadi Dirut PLN

Chyntia Sami Bhayangkara
Profil Darmawan Prasodjo, Eks Caleg PDIP yang Dilantik Jadi Dirut PLN
Dirut PLN Darmawan Prasodjo (pln.co.id)

Berikut profil lengkap Darmawan Prasodjo yang baru dilantik menjadi Dirut PLN

Suara.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir baru saja mengangkat Darmawan Prasodjo menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menggantikan Zulkfili Zaini, Senin (6/12/2021). Berikut profil Darmawan Prasodjo.

Keputusan diangkatnya Darmawan sebagai Direktur Utama PLN ini telah diputuskan melalui Surat Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN Tahun 2021. Sebelum menjadi bos PLN, Darmawan pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PLN akhir tahun 2019 silam. Berikut profil Darmawan Prasodjo selengkapnya.

Lalu siapa sebenarnya Darmawan Prasodjo dan bagaimana perjalanan kariernya hingga ia menduduki kursi Direktur Utama PLN? Simak profil Darmawan Prasodjo berikut ini.

Profil dan Pendidikan

Baca Juga: Copot Zulkifli Zaini, Ini Alasan Erick Thohir Pilih Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN

Darmawan Prasodjo merupakan pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah pada 19 Oktober 1970 silam. Darmawan pernah mengenyam pendidikan di SD Bersubsidi IV, Magelang; SMP 2 Magelang dan SMA 7 Magelang.

Setelah lulus dari bangku sekolah, ia mendapatkan beasiswa dari Menteri Riset dan Teknologi, BJ Habibie untuk melanjutkan bersekolah di Texas A&M University, Amerika Serikat dalam bidang Ilmu Komputer dan lulus pada tahun 1994. Selama melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, Darmawan telah mendapatkan gelar Sarjana, Master dan PhD di kampus yang sama.

Pekerjaan

Setelah lulus dari perguruan tinggi, Darmawan melanjutkan kariernya sebagai konsultan dan peneliti di Texas A&M University dan Duke University selama kurang lebih 15 tahun.

Pada tahun 2012, Darmawan memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan memulai kariernya di beberapa perusahaan antara lain: Direktur Indonesia Center for Green Economy; Kepala Jurusan di Prodi Green Econom Surya Universitu; Co-chair Post 2015 Millenium Development Goals dan Presiden Komisaris Ametis Energi Nusantara.

Baca Juga: Darmawan Prasodjo Langsung Dapat Tugas Baru Setelah Geser Zulkifli Zaini dari PLN

Karier Politik

Komentar