alexametrics

Startup Bidang Medis Ini Raup Pendanaan Rp 33 Miliar

Erick Tanjung | Achmad Fauzi
Startup Bidang Medis Ini Raup Pendanaan Rp 33 Miliar
Layanan Kesehatan Berbasis Blackchain. (Dok. Shutterstock)

"Teknologi kesehatan adalah sektor krusial untuk Indonesia. Dengan populasi 280 juta, potensinya begitu besar, dan akan segera jadi perhatian kita bersama," kata Pandu.

Suara.com - Perusahaan rintisan atau Startup di bidang medis yang berbasis blockchain DeBio Network mendapatkan pendanaan sebesar USD 2,35 juta atau sekitar Rp 33 miliar.

CEO DeBio Network Pandu Sastrowardoyo mengatakan, saat ini bisnis layanan kesehatan telah berubah ke sektor digital. Maka dari itu, pentingnya inovasi dalam layanan kesehatan, apalagi kebutuhannya memang mendesak di tengah pandemi.

"Teknologi kesehatan adalah sektor krusial untuk Indonesia. Dengan populasi 280 juta, potensinya begitu besar, dan akan segera jadi perhatian kita bersama," kata Pandu dalam keterangannya, Selasa (7/12/2021).

Untuk diketahui, DeBio Network adalah platform medis dan biomedis anonim pertama untuk pengguna yang ingin membutuhkan tes dan sampel-sampel medis dari rumah. DeBio dibangun dengan basis Substrate, framework blockchain yang ada di belakang ekosistem Polkadot & Kusama.

Baca Juga: Pengertian Startup, Bedanya Dengan Perusahaan Konvensional dan Contoh

Dengan solusi blockchain yang digunakan, kerahasiaan dan anonimitas data pengguna dijamin untuk mereka yang membutuhkan tes dan sampel-sampel dari rumah.

"Penggunaan teknologi web3 bahkan memungkinkan penggunanya memonetisasi data kesehatan mereka dengan jaminan privasi identitas yang dipertahankan," jelas Pandu.

Dalam hal ini, Pandu menambahkan, ke depan perusahaan rintisan tidak hanya melayani pelanggan di Indonesia saja, tetapi juga di dunja.

"DeBio Network bertekad untuk terus bekerja bukan hanya untuk Indonesia saja, tapi komunitas internasional secara keseluruhan, dengan memberikan data medis untuk yang memang memilikinya. Kami percaya atas kepemilikan dan kedaulatan data bagi tiap penggunanya," imbuh Pandu.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap 3 Syarat Startup Peroleh Pendanaan dari BUMN

Komentar