alexametrics

Sandiaga Uno: Dari Desa Membangun Indonesia untuk Kebangkitan Ekonomi

Iwan Supriyatna
Sandiaga Uno: Dari Desa Membangun Indonesia untuk Kebangkitan Ekonomi
Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Desa Wisata diyakinkan akan membangkitkan perekonomian bangsa.

Suara.com - Desa Wisata dapat mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Bahkan, Desa Wisata diyakinkan akan membangkitkan perekonomian bangsa. Kebangkitan ekonomi desa juga bisa membangkitkan ekonomi Nasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan, ekonomi Desa wisata adalah ekonomi yang berkelanjutan. Pasalnya dengan bergeliatnya ekonomi desa wisata maka akan berdampak pada perekonomian Indonesia.

“Kita akan terus kembangkan desa wisata, karena ada peningkatan ekonomi sebanyak 20-30% dari desa wisata,” kata Sandiaga Uno ditulis Rabu (8/12/2021).

Sandiaga Uno menegaskan, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bisa membantu desa wisata di Tanah Air untuk berjuang bangkit di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga: Audiensi dengan JarNas Anti TPPO, Sandiaga Tegas Tolak Wisata Perdagangan Anak

"Anugerah Desa Wisata diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk desa wisata di Indonesia agar bisa bangkit di era pandemi," kata Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan, dalam ADWI ini adalah memang diarahkan untuk membangkitkan ekonomi Bangsa di era pandemic ini.

Tujuan acara program “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” agar dari 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021”.

Tidak hanya itu kegiatan ini juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata. Calon desa pendaftar juga tidak hanya bagi desa yang baru, melainkan desa wisata rintisan, berkembang dan maju yang belum mendaftarkan desanya juga bisa mengikuti program ini.

Berikutnya diharapkan target tahun 2021 dengan adanya “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” Kemenparekraf dapat mencatat setidaknya lebih dari 1.831 desa wisata yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia.

Baca Juga: Disebut Bakal Tinggalkan Prabowo di Pilpres, Pengamat Prediksi Alumni 212 Dukung Sosok Ini

Program ini diharapkan bisa mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat. Pengembangan desa wisata di Indonesia dilakukan untuk menciptakan destinasi yang berkualitas, "resilient" dan berkelanjutan.

Komentar