facebook

Ekonomi Indonesia Diyakini Tumbuh 4 Persen, Sri Mulyani Ungkap Alasan Utamanya

M Nurhadi
Ekonomi Indonesia Diyakini Tumbuh 4 Persen, Sri Mulyani Ungkap Alasan Utamanya
Menteri Keuangan Sri Mulyani

"Beberapa indikator estimasi dari Badan Kebijakan Fiskal, pertumbuhan ekonomi di triwulan IV-2021 ada di sekitar lima persen," kata Sri Mulyani.

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani optimistis ekonomi Indonesia bisa tumbuh empat persen pada tahun 2021, seiring dengan momentum pemulihan ekonomi yang kian membaik.

Hal ini lantaran pemulihan ekonomi yang cukup kuat pada triwulan IV-2021, setelah hanya tumbuh 3,5 persen pada triwulan III-2021 karena dampak COVID-19 varian Delta.

"Beberapa indikator estimasi dari Badan Kebijakan Fiskal, pertumbuhan ekonomi di triwulan IV-2021 ada di sekitar lima persen, jadi kami berharap keseluruhan tahun pertumbuhan akan di sekitar empat persen," ungkap Sri Mulyani dalam Rapat Kerja bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Rabu (19/1/2021).

Sehingga, ia memperkirakan, outlook pertumbuhan ekonomi tahun lalu akan berada di titik paling atas dugaan pemerintah.

Baca Juga: 10 karyawan Terpapar Covid, BNI Madiun Tutup Sementara

Mantan pejabat Bank Dunia itu beralasan, perkembangan konsumsi yang sangat kuat, investasi yang menunjukkan pemulihan, pertumbuhan kredit pulih sangat tinggi, dan belanja Pemerintah Pusat dan Daerah pada triwulan IV-2021 yang sangat kuat.

"Ini yang menurut kami akan memberi dampak pada performa pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV-2021 yang menyebabkan keseluruhan tahun sangat kuat," ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menjelaskan penanganan COVID-19 Indonesia selama ini memang cukup baik, terutama pada saat varian Delta yang menyebabkan ekonomi domestik triwulan III-2021 menurun ke level 3,5 persen.

Bahkan kecepatan menangani varian tersebut jauh lebih baik dibanding Vietnam dan Malaysia, terlihat dari tren perbaikan ekonominya yang cenderung tidak secepat Indonesia untuk meningkat kembali.

"Kalau kita penurunannya cukup dalam pada triwulan III-2021, namun kemudian kembali meningkat pada triwulan IV-2021 secara cukup baik," pungkasnya.

Baca Juga: Sri Mulyani Mau Pakai Anggaran PEN Untuk IKN, Langsung Kena Semprot DPR: Cuma Hutan Saja Yang Mau Kita Bangun

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar