facebook

4 Saham Rekomendasi untuk Jangka Panjang, Perhatikan Masing-masing Sektor Paling Untung

M Nurhadi
4 Saham Rekomendasi untuk Jangka Panjang, Perhatikan Masing-masing Sektor Paling Untung
Kantor Bursa Efek Indonesia di Jakarta. [Antara]

Saham menjadi instrumen investasi terbaik untuk jangka panjang

Suara.com - Berinvestasi kini mulai banyak dilirik untuk mendapatkan passive income, salah satunya melalui saham. Saham yang bagus untuk jangka panjang juga yang paling diminati karena berinvestasi biasanya memakan waktu hingga lima tahun. Seperti dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah empat jenis saham yang bagus untuk jangka panjang. 

1. UNVR

UNVR adalah saham yang dikeluarkan oleh PT Unilever Indonesia. Saham sektor customer goods menjadi yang terbesar di Indonesia dan akan terus bergerak di tengah pandemi Covid-19. Apalagi Unilever memiliki sedikitnya 400 brands dengan pangsa pasar cukup luas. 

2. INDF

Baca Juga: BEI Kembali Izinkan Perdagangan Saham KONI, Begini Respon Manajemen

INDF merupakan saham milik brand makanan instant Indofood milik Salim Group. Indofood juga merupakan brand kuat di tanah air sehingga sulit untuk kehilangan pasar. Dalam rentang Januari sampai September 2021, INDF sukses membukukan peningkatan laba bersih sebesar 60% atau sekitar Rp8 triliun. Sedangkan pendapatan INDF pun meningkat dari Rp58 triliun pada September 2020 ke angka Rp72 triliun pada September 2021. 

3. PTBA

PT Bukit Asam merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi. Bergerak di industri tambang batu bara, perusahaan ini mencatatakan laba Rp1,77 triliun atau meningkat 38,04% dari laba bersih tahun sebelumnya. Bersamaan dengan kenaikan pendapatan, harga saham PT BA naik setelah sebelumnya mengalami kontraksi pada Januari-September 2021. 

4. BBNI

Industri perbankan diperkirakan akan membaik bersamaan dengan pemulihan ekonomi nasional. Pembelian saham dari BNI bisa menjadi pilihan. Tren layanan digital yang terus meningkat, investasi saham BBNI juga memiliki prospek yang bagus di masa depan. Bank Negara Indonesia sudah mengeluarkan produk melalui BNI Mobile Banking dan BNI Sekuritas. Bersama dengan saham blue chip lainnya, BBNI merupakan investasi yang aman untuk dimiliki dalam jangka panjang.

Baca Juga: IHSG Kamis Pagi Dibuka Melemah 0,21 Persen ke Posisi 6.586

Demikian empat jenis saham yang bisa dipertimbangkan untuk dibeli dalam jangka panjang. Tips penting dalam membeli saham adalah pertimbangkan kredibilitas dan prospek dari perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut. Investor juga dapat meneliti besaran laba pada perusahaan tersebut. Seorang investor juga harus memiliki kemampuan analisis teknikal untuk memprediksi bagaimana pergerakan saham di masa depan. 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar