Lewat Amazon, Produk UMKM RI Bakal Tembus AS Dan Eropa

Bangun Santoso | Achmad Fauzi
Lewat Amazon, Produk UMKM RI Bakal Tembus AS Dan Eropa
Ilustrasi aplikasi Amazon pada sebuah tablet (Shutterstock).

"SellerUp Academy melihat adanya peluang besar bagi UMKM di Indonesia untuk mampu melakukan ekspansi pasar ke marketplace luar negeri,"

Suara.com - PT Lima Lumbung Sejahtera (SellerUP Academy) bakal membawa produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk dipasarkan ke platform marketplace e-commerce, Amazon.

Dalam hal ini, SellerUp menggandeng Persatuan UMKM Indonesia (Perumkmindo) untuk mengkurasi produk-produk UMKM.

"SellerUp Academy melihat adanya peluang besar bagi UMKM di Indonesia untuk mampu melakukan ekspansi pasar ke marketplace luar negeri," ujar CEO SellerUp Academy, Christina Yaori dalam konferensi pers yang ditulis Minggu (6/2/2022).

Dia melanjutkan, produk-produk UMKM Indonesia sebenarnya diminati para konsumen luar negeri. Hanya saja, saat ini produk-produk UMKM masih banyak kekurangan dari sisi pengemasan hingga izin-izin.

Baca Juga: BRI Berikan Pembinaan Literasi Bisnis dan Digital pada Setiap Klaster Usaha

"Untuk masuk ke pasar AS yang ketat, kami juga akan mengurus perizinan dan registrasi produk UMKM Indonesia ke Food and Drug Administration (FDA)," imbuhnya.

Nantinya, bilang Yaori, Lima Lumbung Sejahtera bakal memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan, agar produk UMKM Indonesia bisa memenuhi kriteria sebagai produk impor.

"Bahkan, kami juga akan melakukan pendampingan terkait aspek permodalan. Nantinya juga akan bisa dipasarkan melalui Walmart," ucap dia.

Diketahui, fakta menunjukkan bahwa UMKM Indonesia masih mengalami kesulitan untuk menembus pasar ekspor, terutama karena terkendala pemasaran, logistik dan pengetahuan mengenai ekspor.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, kata dia, sebesar 86 persen pelaku ekspor adalah usaha besar. Sementara itu, kontribusi UMKM terhadap total ekspor hanya sebesar 14,37%.

Baca Juga: BRI Terus Ambil Bagian dalam Mengembangkan Pertumbuhan Usaha