facebook

Blak-blakan! Bank Indonesia Ungkap Bahaya Tukar Uang Angpao di Inang-inang

Agung Sandy Lesmana | Achmad Fauzi
Blak-blakan! Bank Indonesia Ungkap Bahaya Tukar Uang Angpao di Inang-inang
Penjual pecahan uang baru menunggu pembeli di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (14/5). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Kami mengimbau kepada masyarakat tukarlah uang di Bank Indonesia ataupun di perbankan (karena) pasti jumlahnya, pasti keasliannya."

Suara.com - Momen Ramadhan dan Idul Fitri pastinya banyak orang yang menukarkan uang pecahan kecil untuk angpao. Momen tersebut dimanfaatkan oleh segelintir pihak untuk membuka layanan penukaran uang pecahan kecil tidak resmi di jalan-jalan atau biasa disebut Inang-inang.

Namun ternyata, terdapat sejumlah risiko jika masyarakat menukarkan uang pecahan kecil di inang-inang.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim mengatakan, bisa saja masyarakat mendapatkan uang palsu, jika menukarkan uang pecahan kecil di inang-inang.

"Kami mengimbau kepada masyarakat tukarlah uang di Bank Indonesia ataupun di perbankan (karena) pasti jumlahnya, pasti keasliannya," ujarnya dalam taklimat media, Senin (4/4/2022).

Baca Juga: Tukar Uang Angpau Kini Bisa Mobil Kas Perbankan, Cek Lokasinya

Selain itu, bisa saja masyarakat juga tidak mendapatkan nominal yang sesuai dengan jumlah uang yang ditukar.

Namun demikian, Marlison menyebut, BI tidak melarang adanya praktik penukaran uang pecahan kecil oleh segelintir pihak. Akan tetapi, ia meminta pemerintah daerah untuk melakukan pembatasan dalam layanan tersebut.

"Kami bekerja sama dengan pihak dinas terkait untuk melakukan semacam mengimbau untuk melakukan pembatasan dalam penjaja uang tersebut," ucap dia.

Sebelumnya, BI kembali membuka layanan penukaran pecahan kecil lewat mobil kas perbankan. Layanan ini mulai dibuka pada 18-29 April 2022 mendatang.

Adapun, khusus Jabodebek mobil kas perbankan ada di simpul-simpul transportasi seperti Stasiun dan Terminal diantaranya di Stasiun Gambir ada di BCA, BRI, BJB, dan BTN.

Baca Juga: Bank Indonesia Kembali Buka Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil Buat lebaran, Catat Syaratnya

Kemudian, Terminal Kampung Rambutan ada BCA, Bank OCBC NISP, CIMB Niaga. Terminal Pulo Gebang ada Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata. Terminal Kalideres ada BNI, Sinarmas dan Maybank. Masyarakat bisa langsung ke lokasi mobil kas keliling yang tersedia tanpa syarat KTP hingga vaksin.

Komentar