facebook

Lokasi Rumah KPR Murah di Jaksel, Segini Kisaran Harganya

M Nurhadi
Lokasi Rumah KPR Murah di Jaksel, Segini Kisaran Harganya
Ilustrasi- Deretan perumahan subsidi. Dokumentasi Kementerian PUPR

Tidak ada rumah murah di Jakarta Selatan. Jika anda mencari rumah subsidi, terpaksa harus menepi di kawasan satelit seperti Depok dan Tangerang Selatan.

Suara.com - Mau beli rumah di Jakarta Selatan? Lokasi rumah murah di Jakarta Selatan ternyata sudah tidak banyak. Kisaran harganya pun makin melambung. Tidak heran, pasalnya kawasan yang terkenal dengan bahasa gaul ini menjelma sebagai kawasan elite metropolitan dengan beragam industri.

Perkantoran-perkantoran penting tersebar di Jakarta Selatan seperti kawasan Fatmawati Mas, TB Simatupang, dan HR Rasuna Said. Segudang fasilitas publik ini turut melambungkan harga hunian. 

Melansir situs jual beli rumah, sebuah rumah dengan luas 60m2 di perbatasan Jagakarsa-Depok, Jawa Barat dihargai Rp950 juta. Rumah satu lantai itu hanya tertidi dari dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Ditambah dapur serta ruang tamu merangkap ruang keluarga. Tidak ditemukan rumah berstatus subsidi di kawasan ini. 

Bahkan untuk kawasan-kawasan elite seperti Pondok Indah dan Kuningan, harga rumah telah mencapai lebih dari Rp50 miliar. Rumah-rumah itu biasanya dibangun dua lantai dengan luas sekitar 800 m2 dan perabotan mewah. 

Baca Juga: Pemerintah Resmi Menaikkan Harga Bahan Bakar Gas (BBG)

Lalu bagaimana jika ingin membeli rumah subsidi? Tentu saja anda tidak akan mendapatkannya di Jakarta Selatan. Namun, tak perlu khawatir karena kawasan-kawasan satelit seperti Depok dan Tangerang Selatan menyediakan beberapa unit rumah subsidi di kisaran harga Rp200 juta-an. 

Melihat harga rumah yang selangit ini, biasanya kelas pekerja menghabiskan waktu belasan hingga 20-an tahun untuk mencicil kredit pemilikan rumah (KPR).

Terlebih dengan besaran gaji yang jauh di bawah kebutuhan biaya membeli rumah. Alternatif lain yang bisa dipilih adalah dengan membeli share house atau kepemilikan rumah bersama dengan biaya lebih terjangkau, atau menyewanya saja tanpa membeli. Setiap orang tentu akan mempertimbangkan kebutuhan masing-masing apakah dia ingin membeli atau menyewa rumah. 

Walau begitu, yang harus dipertimbangkan adalah ketersediaan uang untuk membeli atau mencicil rumah. Pastikan kamu memiliki income yang cukup stabil untuk membayar cicilan rumah.

Jika tidak, maka menyewa bisa menjadi pilihan. Sistem sewa ini bakal memakan biaya yang lebih murah karena penyewa tidak akan memperoleh aset. Di samping itu, dengan menyewa kita bisa berpindah dengan lebih leluasa sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Polisi Ringkus Pelaku Penculikan Anak di Jaksel

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Komentar