facebook

Biaya Perjalanan Melalui Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

M Nurhadi
Biaya Perjalanan Melalui Jalan Tol Terpanjang di Indonesia
Perbaikan jalan tol Terpeka Lampung [ANTARA/Emir Fajar]

Ruas tol terpanjang di Indonesia ada di Provinsi Lampung. Berikut ini tarif yang perlu dibayarkan.

Suara.com - Jalan tol menjadi pilihan ketika berpergian. Lalu berapa biaya perjalanan di jalan tol terpanjang di Indonesia? Di mana letak tol terpanjang itu?

Jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini adalah ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) di Provinsi Lampung. Panjangnya mencapai 189 km.

Penetapan tarif bagi ruas tol Terpaka ditetapkan sejak 6 Januari 2020 melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1194/KPTS/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung tertanggal 20 Desember 2019.

Merujuk pada keputusan tersebut, tarif terjauh dari SS Terbanggi Besar menuju SS Kayu Agung adalah Rp170.000 untuk golongan I, Rp255.500 untuk golongan II dan III, dan Rp341.000 untuk golongan IV dan V. 

Baca Juga: Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Jadi yang Terpanjang di Indonesia, Investasinya Tembus Rp 56 Triliun

Mengingat panjangnya ruas tol ini, setiap kendaraan yang ingin melintas diimbau untuk melakukan persiapan, terutama dalam pengisian saldo tol. Usahakan saldo tercukupi sejak awal keberangkatan sehingga tidak menghambat perjalanan. Di samping itu, mengisi saldo di pintu tol justru menjadi faktor terjadinya kemacetan panjang. 

Beberapa tips berikut ini juga bisa diterapkan bagi kamu untuk menghemat pengeluaran di jalan tol, terlebih saat akan melakukan perjalanan panjang seperti di Tol Terpeka

1. Bawa Bekal Perjalanan

Bekal perjalanan akan menghemat pengeluaran konsumsi selama mudik. Biasanya orang-orang kerap berhenti di rest area untuk sekadar membeli minum atau camilan ringan dengan harga lebih mahal.

Jika membawa sendiri, apalagi memasak sendiri, biaya makan ini bisa ditekan. Sebagai gambaran, segelas kopi di ruas tol bisa dibeli dengan kisaran harga Rp30.000. Harga ini jauh di atas jika kita membawa air minum sendiri. 

Baca Juga: Jalan Tol Terpanjang di Pulau Sulawesi Akan Beroperasi Penuh Januari 2022

2. Berhenti Hanya Untuk ke Kamar Mandi

Komentar