facebook

Penetapan Lin Che Wei Sebagai Tersangka Jadi Bukti Keseriusan Jokowi Bongkar Mafia Migor

Iwan Supriyatna
Penetapan Lin Che Wei Sebagai Tersangka Jadi Bukti Keseriusan Jokowi Bongkar Mafia Migor
Lin Che Wei, tersangka tindak pidana korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO) (Irai.co.id)

Penetapan Lin Che Wei sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) dinilai menjadi bukti keseriusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menuntaskan persoalan mafia migor.

Suara.com - Penetapan Lin Che Wei sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) dinilai menjadi bukti keseriusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menuntaskan persoalan mafia minyak goreng (migor).

Pengamat Hukum Universitas Jendral Soedirman Chrisman Damanik mengatakan, penetapan tersangka baru dalam kasus mafia migor menandakan komitmen Jokowi memberantas mafia migor. Lantaran telah banyak merugikan masyarakat.  

Terlebih lagi, tambah dia, Lin diketahui merupakan Penasihat Kebijakan dan Analisa Independent Research dan Advisory Indonesia. Artinya turut ikut dalam membuat kebijakan Kewajiban Pasar Domestik atau DMO.

“Iya betul, ini bukti bahwa Jokowi tidak berhenti dalam memberantas kasus mafia migor,” ujar Chrisman ditulis Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: Terungkap, Ternyata Dirjen Daglu yang Berperan Bawa Lin Che Wei Ke Kemendag

Menurut Chrisman penelusuran tersangka mafia migor tidak akan berhenti hanya dengan tertangkapnya Lin. Penuntasan kasus, kata dia, akan terus berlanjut hingga hingga benar-benar tuntas.   

Karena dengan tertangkapnya para pelaku, maka akan membuat masalah migor tidak terjadi kembali dikemudian hari. Sehingga tidak mengganggu geliat perekonomian masyarakat.

“Keterlibatan pihak lain yang menjadi mafia migor terus dikejar. Sehingga penanganan kasus mafia migor ini bisa tuntas dan menjadi pelajaran bagi pihak dan oknum di negara ini,” jelas Chrisman. 

Oleh karena itu, dirinya begitu mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan Jokowi. Lebih dari itu, dia pun meyakini pergerakan Jokowi masih terus berlanjut untuk terus mengusut tuntas persoalan ini, 

“Saya yakin Pak Jokowi akan terus mengejar dan memberantas mafia-mafia ini, kita harus apresiasi itikad Jokowi ini dalam memberantas mafia migor yang sudah menciptakan keresahan dan kesusahan di negara ini,” pungkas Chrisman.

Baca Juga: Lin Che Wei Jadi Tersangka Korupsi Minyak Goreng, Kejagung Panggil Direktur Charoen Pokphand Indonesia Sebagai Saksi

Lin Che Wei merupakan tersangka kelima yang ditetapkan olek Kejaksaan Agung. Sebelumnya sudah ada nama Indrasari Wisnu Wardhana, Master Parulian Tumanggor, Stanley MA, dan Togar Sitanggang.

Komentar