facebook

5 Poin Penting Proposal Bisnis dan Contoh Terbaru Agar Bisa Dapat Investor

M Nurhadi
5 Poin Penting Proposal Bisnis dan Contoh Terbaru Agar Bisa Dapat Investor
Ilustrasi Proposal Bisnis

Tujuan pembuatan proposal bisnis adalah untuk meyakinkan diri serta investor bahwa usaha benar-benar layak dijalankan.

Suara.com - Banyak orang ingin memulai untuk merintis bisnis pribadi. Namun, bingung mulai dari mana. Jika sudah demikian, contoh proposal bisnis adalah jawabannya.

Dalam proposal bisnis tersebut, kamu bisa menjabarkan rencana bisnis dengan matang. Jika kamu berniat membuat proposal bisnis untuk memulai usahamu atau mencari modal tambahan, berikut komponen yang perlu diperhatikan. 

Bab 1: Pendahuluan

Pendahuluan biasanya berisi latar belakang sekaligus penjelasan mengapa jenis bisnis tersebut dipilih. Biasanya pendahuluan juga memuat urgensi serta alasan mengapa usaha tersebut perlu ada. Bagian inilah yang akan menarik investor mendanai bisnismu. Jika tidak, bagian ini harus cukup meyakinkan diri sendiri terkait alasan pembukaan sebuah bisnis.

Baca Juga: Luhut Turun Gunung Urus Minyak Goreng, Pengamat: Masalah Ini Makin Serius

Kamu juga bisa menambahkan tujuan dari bisnis tersebut. Visi misi ke depan untuk menjaga bisnis tetap berjalan, serta waktu mulai berbisnis. Di bagian ini pula kamu bisa menjabarkan keunikan bisnismu jika dibandingkan dengan bisnis lain yang serupa. Keunggulan-keunggulan itulah yang akan menjadi nilai jual lebih untuk konsumen. 

Bab 2: Gambaran Umum Usaha 

Gambaran umum usaha biasanya meliputi profil usaha serta upaya yang direncanakan untuk memajukan usaha tersebut. Gambaran umum ini bisa juga terdiri dari profil usaha yang akan dijalankan, struktur kepengurusan karyawan, lokasi usaha atau toko, jenis pemasaran meliputi online dan offline, strategi untuk menaikkan penjualan, hingga analisis SWOT untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan usaha. 

Bab 3: Cara Menjalankan Usaha

Setelah proposal dibuat, pastinya usaha harus segera direalisasikan. Untuk itu cara menjalankan usaha perlu dijabarkan secara khusus di dalam proposal bisnis. Cara menjalankan usaha ini meliputi bagaimana memperoleh bahan baku atau sumber daya yang ingin dijual, skema produksi, penggajian karyawan, dan cara memperoleh alat produksi. 

Baca Juga: Profil Daniel Zii, Direktur DNA Pro yang Menjadi Buronan Polisi Terkait Investasi Bodong

Bab 4: Pembiayaan Usaha

Komentar