facebook

Wapres Ma'ruf Amin Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Menteri Selalu Kerja Keras Pagi Sampai Malam

Dwi Bowo Raharjo | Achmad Fauzi
Wapres Ma'ruf Amin Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Menteri Selalu Kerja Keras Pagi Sampai Malam
Almarhum Tjahjo Kumolo dimakamkan di TMP Kalibata. (Suara.com/Yaumal)

Meskipun sudah dalam keadaan sakit almarhum Menpan RB Tjahjo Kumolo tetap berkomunikasi dengan Wapres dan rajin memberikan laporan.

Suara.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo sebagai sosok yang selalu bekerja keras dalam setiap tugasnya.

"Dan yang saya tahu karena kebetulan beliau di bawah koordinasi saya tentang masalah reformasi birokrasi, beliau terus bekerja siang dan malam melakukan langkah-langkah reformasi birokrasi untuk membangun sistem (dan) melakukan perubahan-perubahan besar," ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Jumat (1/7/2022).

Menurut Maruf, meskipun sudah dalam keadaan sakit almarhum Menpan RB Tjahjo Kumolo tetap berkomunikasi dengan Wapres dan rajin memberikan laporan.

"Dalam beberapa waktu lalu, meskipun dalam keadaan sakit, saya selalu berkomunikasi dengan beliau. Dan beliau rajin memberikan laporan-laporan dalam bentuk buku. Seperti di sidang kabinet selalu memberikan buku kepada Presiden dan saya. Jadi report-nya dibuat dalam bentuk buku-buku tebal," ucap dia.

Baca Juga: Megawati Tak Hadiri Pemakaman Tjahjo Kumolo di TMP Kalibata, Mengapa?

Selain itu, kata Wapres, pada Selasa (28/06/2022) lalu dirinya masih menghadiri acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Percepatan Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik (MPP) di kantor Kemenpan RB yang diinisiasi almarhum Menpan RB Tjahjo Kumolo. Namun menurutnya, saat itu Menpan RB tidak hadir karena sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo. [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia. [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]

"Beliau dalam keadaan sudah agak sakit, tetapi masih sempat menyelenggarakan pertemuan koordinasi antar kementerian dan lembaga, gubernur dan walikota dalam rangka mempercepat (pengembangan) MPP," pujinya.

Wapres menegaskan bahwa almarhum Menpan RB Tjahjo Kumolo adalah orang baik dan banyak jasanya untuk bangsa dan negara. Hingga hari ini Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa memanggil almarhum kembali ke haribaan-Nya.

"Karena itu kita doakan mudah-mudahan amal baiknya diterima oleh Allah SWT dan saya yakin beliau orang baik dan banyak jasanya pada bangsa dan negara," pungkasnya.

Baca Juga: Duka Mendalam, Gibran Sebut Sosok Tjahjo Kumolo Suka Jajan, Ini Makanan Favorit di Solo

Komentar