Korban Pembobolan Rekening BCA Rp345 Juta Ternyata Saling Kenal, Pelaku Ngekos dan Berniat Berbisnis Bersama

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Korban Pembobolan Rekening BCA Rp345 Juta Ternyata Saling Kenal, Pelaku Ngekos dan Berniat Berbisnis Bersama
Bank BCA (suara.com/Adrian Mahakam)

Mohammad Thoha otak pembobolan rekening senilai Rp345 juta milik Muin Zachry di PT Bank Central Asia Tbk (BCA) cabang Surabaya ternyata saling mengenal satu sama lain.

Suara.com - Mohammad Thoha otak pembobolan rekening senilai Rp345 juta milik Muin Zachry di PT Bank Central Asia Tbk (BCA) cabang Surabaya ternyata saling mengenal satu sama lain.

Hal tersebut terungkap saat sidang lanjutan perkara ini di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang dikutip Rabu (25/1/2023).

Thoha mengungkapkan awalnya Muin Zachry berencana untuk mengajak dirinya berbisnis, kala itu Muin mengaku memiliki uang senilai Rp345 juta di rekening BCA. Thoha sendiri ngekos di rumah Muin Zachry.

"Waktu saksi (Muin) bincang-bincang sama saya ngaku punya uang dan mengajak bisnis bersama," kata Thoha dalam sidang tersebut.

Baca Juga: Jangan Seperti Kasus di Surabaya, Begini Tips Jaga Keamanan Rekening Bank Biar Nggak Dibobol

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang memperkarai kasus ini Dilla Rahmawati mengatakan kasus pembobolan rekening ini dimulai dari Thoha yang ngekos di rumah korban (Muin).

Thoha mengetahui nominal saldo Rp345 juta saat mengintip PIN ATM ketika dimintai tolong Muin mentransfer uang. dari situ Thoha punya rencana mengambil Buku Tabungan, Kartu ATM hingga KTP korban, kemudian mencari orang di pinggir jalan yang fisik seperti korban Muin.

"Dia cari tukang becak. Di teller sudah ditanya identitas. Dari segi fisik mirip korban. Dengan menggunakan kopiah semakin mirip korban," kata Dilla.

Sebelumnya, tabungan Rp345 juta di rekening BCA milik Muin Zahry dibobol oleh tukang becak bernama Setu.

Mulanya, Setu ternyata diperintahkan oleh seorang pria bernama Mohammad Thoha yang merupakan penyewa kamar kost di rumah Muin.

Baca Juga: Sosok Ilham Wahyudi Tersangka KPK yang Mirip Pedagang Burung, Bank Sampai Salah Blokir Rekening

Thoha memiliki rencana yang matang untuk membobol rekening Muin dengan mencuri KTP, buku tabungan, hingga kartu ATM Muin saat pemilik tabungan berangkat ke masjid untuk Salat Jumat.

Kemudian, Thoha mencari orang yang memiliki postur dan wajah yang mirip dengan Muin. Tak lama, ia bertemu dengan Setu, tukang becak yang sedang mangkal.

Setu lalu mendatangi kantor cabang BCA Jalan Indrapura. Ia bertemu dengan teller bernama Maharani Istono Putri. Putri mengaku benar-benar terkecoh dengan penampilan Setu yang sangat mirip dengan Muin.

Tanpa keraguan, Putri segera memproses penarikan tunai tabungan sesuai dengan prosedur yang berlaku.