facebook

"Drawing" 8 Besar Liga Champions, Madrid-Barca Bisa Berjumpa

Arsito Hidayatullah
"Drawing" 8 Besar Liga Champions, Madrid-Barca Bisa Berjumpa
Logo Liga Champions. (UEFA)

Mungkinkah akan ada laga Madrid vs Barca, atau Chelsea vs MU, atau bahkan kedua-duanya?

Suara.com - Seiring tuntasnya babak 16 Besar Liga Champions (UCL) yang sekaligus memastikan tim-tim yang lolos ke perempat final, undian (drawing) babak 8 Besar itu pun akan segera digelar oleh pihak UEFA. Tepatnya, drawing bakal dilaksanakan di markas UEFA di Nyon, Swiss, Jumat (21/3/2014), pada pukul 12.00 waktu setempat atau sekitar pukul 18.00 WIB.

Yang perlu diperhatikan oleh pencinta sepakbola, khususnya lagi penggemar dari salah satu tim kontestan perempat final adalah, bahwa undian ini akan menganut sistem terbuka. Artinya, tidak ada lagi sistem unggulan, maupun pengaturan khusus berdasarkan negara asal. Sebagaimana diketahui, perempat final Liga Champions musim ini sendiri akan diikuti oleh tiga klub asal Spanyol (Atletico Madrid, Barcelona, Real Madrid), dua dari Inggris (Chelsea, Manchester United) dan Jerman (Bayern Muenchen, Borussia Dortmund), serta satu tim asal Prancis (Paris Saint-Germain).

Dengan demikian, drawing besok berpotensi mempertemukan dua musuh bebuyutan asal Spanyol (Madrid vs Barcelona), atau Jerman (Bayern vs Dortmund) maupun Inggris (Chelsea vs MU). Seiring dengan itu pula, maka laga antara dua klub senegara pun berpotensi terjadi lebih dari satu. Dengan mengambil contoh di atas misalnya, maka ketiga partai bisa jadi sama-sama akan terjadi, dengan sisanya adalah laga antara Atletico vs PSG.

Namun begitu, kepastiannya baru akan didapat pada ajang undian besok, yang disebutkan akan dipandu oleh dua petinggi UEFA, yaitu Sekjen Gianni Infantino dan Direktur Kompetisi Giorgio Marchetti, dengan dibantu duta final Liga Champions musim ini, Luis Figo. Seperti diketahui, final sendiri diagendakan digelar pada Sabtu, 24 Mei, di Estadio do Sport Lisboa e Benfica, di Lisbon, Portugal.

Ajang undian UCL besok pun akan berjalan berangkaian dengan undian untuk Liga Europa, yang malam ini masih akan menentukan kontestan perempat finalnya. Undian untuk Liga Europa diprediksi berlangsung satu jam setelahnya, masih dipandu oleh kedua pejabat UEFA, namun kali ini dibantu duta final Liga Europa, Ciro Ferrara. Seperti diketahui pula, final Liga Europa dijadwalkan digelar di Juventus Stadium, Turin, Italia, pada 14 Mei.

Perempat final Liga Champions masih menggunakan pola home and away, dengan jadwal leg pertama pada 1-2 April dan leg kedua pada 8-9 April. Sementara partai perempat final Liga Europa diagendakan digelar pada 3 dan 10 April. Sehari sesudahnya (11 April), nanti akan segera pula digelar drawing semifinal Liga Champions maupun Europa, yang pertandingannya diagendakan pada 22-23 April dan 29-30 April (UCL) serta 24 April dan 1 Mei (Europa). [UEFA]