Hernandez Bawa Meksiko Tempatkan Satu Kaki di 16 Besar

Rizki Nurmansyah
Hernandez Bawa Meksiko Tempatkan Satu Kaki di 16 Besar
Penyerang Timnas Meksiko, Javier "Chicharito" Hernandez, merayakan kemenangan negaranya atas Korsel di Grup F Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Rusia, Sabtu (23/6/2018). [AFP/Khaled Desouki]

Meksiko taklukan Korsel 2-1 di penyisihan Grup F Piala Dunia 2018.

Suara.com - Misi Timnas Meksiko lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2018 kian terbuka lebar. Hal ini menyusul kemenangan 2-1 atas Korea Selatan (Korsel) di Grup F Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Rusia, Sabtu (23/6).

Dalam laga yang berlangsung cukup cepat ini, Meksiko unggul lebih dulu di babak pertama, 1-0. Gol pembuka Meksiko dicetak mantan penyerang Arsenal yang kini merumput di Los Angeles FC, Carlos Vela, lewat titik penalti.

Hasil positif ini membuat satu kaki pasukan Juan Carlos Osorio berada di babak 16 Besar. Sebelumnya, pada laga perdana Grup F, El Tri—julukan Meksiko—secara luar biasa mengalahkan juara bertahan Jerman dengan skor 1-0.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan sendiri berjalan dalam tempo cukup tinggi. Meksiko yang difavoritkan pada laga ini, memberi tekanan lebih dulu kepada Ki Sungyueng dan kawan-kawan.

Salah satunya lewat sang bomber haus gol mereka, Javier "Chicharito" Hernandez di awal-awal babak pertama. Sayangnya, sundulan eks striker Manchester United tersebut masih menyamping jauh di sisi kanan gawang Korsel.

Setelah sekitar 10 menit babak pertama berlangsung, Meksiko mulai menguasai penguasaan bola. Dengan penuh kesabaran, anak-anak El Tri mencoba membongkar lini pertahanan Korsel yang cukup rapat.

Di lain pihak, Korsel yang menerapkan formasi 4-4-2 lebih banyak bermain ke dalam, sembari menunggu kesempatan serangan balik.

Peluang cukup baik dimiliki Ki Sungyueng pada menit ke-22. Namun, sundulannya memanfaatkan sepak pojok masih bisa ditepis penjaga gawang Meksiko, Guillermo Ochoa.

Empat menit berselang, gol yang ditunggu-tunggu para pemain dan publik Meksiko muncul. Hal ini menyusul handball yang dilakukan Jang Hyunsoo saat mencoba mengadang umpan kapten Meksiko, Andres Guardado, di sisi kanan pertahanan Korsel.

Carlos Vela yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan kaki kirinya sukses mengecoh penjaga gawang Korsel, Jo Hyeonwoo.

Keunggulan tersebut membuat Meksiko kian bernafsu untuk menambah pundi-pundi gol. Sedangkan, Korsel hanya mengandalkan serangan balik.

Beberapa kali para pemain Meksiko punya kesempatan kembali membobol gawang lawan. Salah satunya lewat usaha yang dilakukan Hirving Lozano dari sisi kiri.

Sayang, sepakan kaki kanannya masih melambung tinggi di atas mistar gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Meksiko pun bertahan hingga wasit Milorad Mazic dari Serbia meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama.

Di babak kedua, Korsel mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Tidak ada jalan lain bagi Korsel selain tampil menyerang demi membuka kans menuju 16 Besar.

Meksiko sendiri lebih mengandalkan serangan balik. Meksiko berpeluang menambah gol di menit 50. Sayang, tendangan Lonzano lagi-lagi belum menemui sasaran yang tepat.

Delapan menit berselang, Guardado memiliki peluang emas. Namun, sepakan kaki kirinya masih bisa ditepis Hyeonwoo.

Gol kedua yang diharapkan publik Meksiko akhirnya lahir pada menit 66. Lewat kombinasi satu dua, Lonzano mengirim umpan ke Hernandez yang berdiri bebas di sisi kiri.

Hernandez yang menerima bola, berhasil mengecoh pemain lawan, sebelum tanpa kesulitan membobol gawang Korsel.

Korsel berhasil memperkecil ketertinggalan lewat sepakan kaki kiri Son Heungmin pada masa injury time. Skor 2-1 untuk keunggulan Meksiko pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Starting Line-up

Korsel (4-4-2): Jo Hyeonwoo; Lee Yong, Kim Younggwon, Jang Hyunsoo, Kim Minwoo; Ki Sungyueng, Jung Wooyoung, Lee Jaesung Hwang Heechan; Son Heungmin, Lee Seungwoo

Pelatih: Shin Tae-yong

Mexico (4-2-3-1): Guillermo Ochoa; Carlos Salcedo, Hector Moreno, Edson Alvarez, Jesus Gallardo; Hector Herrera Andres Guardado; Miguel Layun, Carlos Vela, Hirving Lozano; Javier Hernandez

Pelatih: Juan Carlos Osorio

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS