Sowan ke Istana, Jokowi Sanjung Perjuangan Timnas Indonesia U-16

Rully Fauzi | Dwi Bowo Raharjo
Sowan ke Istana, Jokowi Sanjung Perjuangan Timnas Indonesia U-16
Skuat serta ofisial Timnas Indonesia U-16 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018). [Suara.com / Dwi BOWO RAHARJO]

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan skuat Garuda Asia di Istana Merdeka, Kamis (4/10/2018) pagi.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan skuat Timnas Indonesia U-16 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018) pagi. Bagus Kahfi dan kawan-kawan baru saja tampil di Piala Asia U-16 2018 dan sukses menembus fase delapan besar.

Pencapaian tersebut memang cukup baik, meski Timnas Indonesia U-16 akhirnya harus rela gagal mengamankan tiket ke putaran final Piala Dunia U-17 2019 di Peru.

Tim Garuda Asia -julukan Timnas Indonesia U-16- gagal melangkah ke semifinal usai ditekuk Australia 2-3 pada laga perempatfinal di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, 1 Oktober lalu.

Padahal, jika mampu memenangi partai kontra Australia, Timnas Indonesia U-16 dipastikan bakal lolos ke Piala Dunia bersama tiga negara semifinalis lainnya.

Meski gagal memenuhi target, puja-puji untuk Timnas Indonesia U-16, yang juga sukses menjuarai Piala AFF U-16 2018 di Tanah Air beberapa waktu lalu, memang tetap berdatangan dari banyak pihak. Ya, tak terkecuali dari Jokowi.

Dalam sambutannya di Istana Merdeka, Jokowi menyampaiakan penghargaan yang setinggi-tingginya atas perjuangan Timnas Indonesia U-16 asuhan Fakhri Husaini, baik di kompetisi tingkat Asia Tenggara maupun di tingkat Asia pada tahun ini.

"Saya lihat di TV perjuangan yang amat-amat keras dan hasilnya bisa kita lihat," ujar Jokowi di Istana Merdeka.

Jokowi mengaku bangga melihat penampilan perdana Timnas Indonesia U-16 di babak fase grup Piala Asia U-16 2018, di mana Garuda Asia sukses menudukkan favorit juara Iran dengan skor 2-0.

"Lawan India yang berakhir 0-0 (pada matchday 3 Grup C), senang lagi saya. Lawan Australia, gol pertama senang banget, wah menang lagi nih," kata Jokowi.

Sayang, setelah unggul 1-0 terlebih dahulu via gol Sutan Zico di menit 17 laga, Timnas Indonesia U-16 akhirnya harus mengakui keunggulan Australia dengan skor 2-3.

Menurut Jokowi, Timnas Indonesia U-16 tak perlu berkecil hati, namun perlu kerja lebih keras lagi untuk mengejar capaian yang lebih baik.

"Kesempatan dan peluang masih banyak," tukas Jokowi.

Dalam pertemuan ini, Jokowi didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS