Persib Keok dari MU, Persaingan di Papan Atas Kian Seru

Rully Fauzi
Persib Keok dari MU, Persaingan di Papan Atas Kian Seru
Suasana laga Persib vs Madura United. [laman resmi Persib]

Menjamu Madura United di Stadion Batakan, Persib menyerah 0-1.

Suara.com - Pemimpin klasemen sementara Liga 1 2018, Persib harus menelan pil pahit di pekan ke-24. Menjamu Madura United (MU) di Stadion Batakan, Balikpapan, Persib menyerah 1-2. Sedang menjalani sanksi dari Komdis PSSI, kali ini Persib memamng tidak bisa bermain di kandang asli mereka, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Usai kebobolan gol penalti Fabiano Beltrame di menit 27 babajk pertama, Persib sempat menyamakan skor di babak kedua lewat gol Muchlis Hadi di menit 49. Namun, gol dari Zah Rahan Krangar di menit 59 menjadi gol kemenangan bagi MU di partai ini.

Meski kalah, Persib memang masih berada di puncak klasemen. Namun Maung Bandung kini hanya unggul tiga poin saja dari PSM Makassar yang ada di peringkat kedua, serta lima poin dari seteru abadi mereka, Persija Jakarta yang ada di peringkat ketiga. 

Jalannya Pertandingan

Persib yang kehilangan banyak pemainnya di laga ini karena sanksi Komdis serta akumulasi kartu kuning mencoba langsung tancap gas di awal babak pertama Mengandalkan Muchlis Hadi dan Airlangga Sutjipto, serangan Persib banyak datang dari sisi sayap.

Sementara itu, MU terlihat lebih banyak bertahan di awal paruh pertama. Skuat asuhan Gomes de Oliviera ini lebih banyak mengandalkan serangan balik.

Peluang pertama Persib datang dari tandukan Airlangga pada menit delapan setelah mendapat bola liar hasil tendangan gelandang Hariono. Namun, tandukannya masih tipis dari gawang MU yang dijaga kiper Satria Tama.

Supardi Nasir kemudian hampir saja membuat Persib unggul melalui tendangan bebas jarak jauh. Akan tetapi, Satria Tama berhasil menggagalkan peluang di menit 19 tersebut.

MU kemudian mendapat hadiah penalti setelah salah seorang pemain Persib melakukan handsball di kotak terlarang. Hadiah penalti yang didapat MU berhasil dikonversi menjadi gol oleh Fabiano pada menit 27. MU unggul 1-0.

Kedua tim saling jual beli serangan di sisa waktu babak pertama, namun hingga wasit meniup peluit panjang tanda half-time, skor 1-0 bagi keunggulan MU tetap bertahan.

Memasuki paruh kedua, pelatih Persib, Mario Gomez coba merespons dengan merubah komposisi pemain. Eka Ramdani dimasukkan untuk menggantikan Airlangga Sutjipto yang kurang maksimal di lini depan.

Akhirnya! Maung Bandung berhasil menyamakan kedudukan saat paruh kedua baru berjalan empat menit. Bermula dari sebuah set-piece Supardi Nasir, Muchlis Hadi yang berdiri tanpa pengawalan berhasil menanduk bola untuk membobol gawang MU. 1-1!

Sayang, seperti terlena, Persib kehilangan konsentrasi dalam bertahan. Hanya 10 menit berselang dari gol Muchlis, MU berhasil kembali unggul 2-1.

Berawal dari umpan silang Greg Nwokolo dari sisi kiri penyerangan, Zah Rahan Krangan berhasil menerima bola rebound dan langsung melepaskan sepakan mendatar keras yang tak bisa diantisipasi kiper Persib, M. Natshir. 2-1 tim tamu unggul!

Tertinggal satu gol, Persib terus berupaya untuk mengejar defisit gol di sisa waktu pertandingan. Namun, upaya-upaya yang dilancarkan Oh In Kyun dan kawan-kawan tak kunjung membuahkan hasil. Hingga berakhirnya pertandingan, skor 2-1 bertahan untuk keungulan tim tamu MU.

Susunan Pemain

Persib Bandung: M. Natshir Fadhil Mahbuby, Victor Igbonefo, M. Al Amin Syukur Fisabillah, Tony Sucipto, Supardi Nasir Bujang, Oh In Kyun, Hariono, Atep, Puja Abdillah , Muchlis Hadi Ning, Airlangga.

Madura United: Satria Tama, Guntur, Fabiano Beltrame, Andika Rama, Beny Wahyudi, Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, Lucky Wahyu, Zah Rahan, Engerlberd Sani, Greg Nwokolo.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS