Dipecundangi Thailand, Langkah Timnas Indonesia Makin Berat

Syaiful Rachman
Dipecundangi Thailand, Langkah Timnas Indonesia Makin Berat
Sejumlah pesepak bola Indonesia berjalan meninggalkan lapangan usai pertandingan melawan Thailand dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11/2018). Indonesia dikalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 4-2. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Meski secara matematis masih mungkin, peluang timnas Indonesia untuk melaju ke fase gugur sangat tipis.

Suara.com - Kenyataan pahit harus diterima timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018. Melakoni laga ketiganya di Grup B, timnas Indonesia gagal membawa pulang poin yang dibutuhkan untuk menjaga asa melaju ke fase gugur.

Menghadapi Thailand di Stadion Rajamanggala, Sabtu (17/11/2018), timnas Indonesia dipermalukan dengan skor 4-2.

Dalam pertandingan tersebut, Indonesia sebenarnya punya peluang bagus usai membuka keunggulan di pertengahan babak pertama lewat sepakan keras Zulfiandi dari luar kotak penalti. Akan tetapi kesalahan kecil yang terjadi harus dibayar mahal. Thailand bangkit dan membantai tim besutan Bima Sakti.

Gagal membawa pulang poin dari Rajamanggala, Indonesia yang sebelumnya menempati posisi dua klasemen, terjun bebas ke posisi empat klasemen sementara Grup B dengan koleksi tiga poin dari tiga pertandingan.

Terlemparnya posisi Indonesia tidak lepas dari keberhasilan Filipina membawa pulang tiga poin dari laga tandang. Dalam laga yang berlangsung di Kuala Lumpur Stadium, Filipina menang tipis 3-2.

Tambahan tiga poin mengantar Filipina ke posisi dua klasemen dengan koleksi enam poin dari dua pertandingan. Diikuti Singapura di posisi tiga yang mengantongi tiga poin dari dua pertandingan.

Thailand, Filipina dan Singapura saat ini masih menyisakan dua pertandingan. Sementara Indonesia dan Timor Leste hanya menyisakan satu laga.

Artinya, Thailand dan Filipina yang saat ini mengantongi enam poin adalah dua tim yang sangat berpeluang melaju ke fase gugur. Namun demikian bukan berarti peluang tim lain, kecuali Timor Leste, sudah tertutup.

Secara matematis, meski tipis, timnas Indonesia masih memiliki peluang. Dengan catatan meraih kemenangan di laga terakhir kontra Filipina dengan banyak gol. Sekaligus berharap Filipina tumbang di tangan Thailand dan Singapura terpeleset di dua laga sisa kontra Thailand dan Timor Leste.

Berikut klasemen sementara Grup B Piala AFF 2018.

Klasemen Grup B Piala AFF 2018 per 17 November 2018 pukul 21:00 WIB
Klasemen Grup B Piala AFF 2018 per 17 November 2018 pukul 21:00 WIB
Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS