Pekan Ini, Indra Sjafri Bakal Ganti Pemain Timnas U-22 yang Tak Berkualitas

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Pekan Ini, Indra Sjafri Bakal Ganti Pemain Timnas U-22 yang Tak Berkualitas
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri saat memberikan keterangan pers usai memimpin latihan tim, Senin (7/1/2019) pagi. [Suara.com / Adie PRASETYO]

Timnas Indonesia U-22 tengah dipersiapkan untuk tiga turnamen penting yang akan dihelat pada 2019 ini.

Suara.com - Sistem promosi dan degradasi kembali diterapkan oleh pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri dalam menentukan komposisi timnya.

Seperti diketahui, Indra telah memanggil total 38 pemain dalam skuat sementara Timnas Indonesia U-22. Timnas U-22 sendiri tengah dipersiapkan untuk tiga kejuaraan penting pada tahun 2019 ini.

Sebut saja Piala AFF U-22 di Kamboja pada bulan Februari, Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Thailand pada pertengahan tahun, serta SEA Games 2019 di Manila, Filipina pada November.

Tentu skuat sementara yang berisikan 38 pemain tersebut, akan dikerucutkan lagi untuk menentukan skuat akhir Timnas Indonesia U-22.

Meski baru di awal-awal, Indra sendiri tampaknya enggan buang-buang waktu. Pelatih asal Sumatera Barat itu mengonfirmasi bakal mengganti pemain-pemain yang tidak memiliki kualitas dengan pemain-pemain lain pada Sabtu (12/1/2019) akhir pekan ini.

Ya, pemain-pemain yang melempem pada pemusatan latihan yang sudah digelar sejak kemarin, Senin (7/1/2019), akan dicoret.

"Saya yakin mereka adalah anak-anak yang baik yang bermain untuk klub mereka masing-masing. Tetapi kita butuh pemain, dari yang terbaik ini, yang lebih baik lagi," celoteh Indra usai memimpin latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (8/1/2019). 

"Intinya yang paling baik yang kita cari, Oleh sebab itu, di samping kita melakukan pengamatan teknis, kita juga kemarin sudah ada tes kesehatan," ungkapnya. 

"Yang kedua, besok kita ada psikotes dan tes intelegensi. Dan juga hari ini ada tes fisioterapi terhadap kondisi tubuh mereka. Dan tanggal 12 akan ada degradasi (pencoretan pemain), saya jamin pasti ada degradasi," tegas mantan pelatih Bali United itu.

Indra pun menyebut, ada beberapa nama lain, di luar skuat sementara saat ini, yang juga akan dicoba pada training camp Timnas Indonesia U-22. selanjutnya. Oleh karena itu, mau tak mau ada pemain dari skuat sementara saat ini yang akan dicoret.

"Ada penjaga gawang, mungkin ada Diky Indrayana dari Bali United yang dulu di Timnas Indonesia U-19. Juga ada dari Borneo FC kiper Nadeo Argawinata. Dan saya juga lagi meng-input beberapa informasi dari teman pelatih yang ada di klub masing-masing," jelas Indra.

"Untuk jumlah pasti, kalau memang cuma terdegradasi dua, ya kita akan panggil dua sebagai gantinya. Terdegradasi empat, kita panggil empat. Kalau terdergradasi tujuh, kita akan panggil tujuh untuk dua minggu ini. Jadi sesuai jumlah yang terdegradasi," pungkasnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS