Kembali ke Manchester United, Giuseppe Rossi Semringah

Rully Fauzi
Kembali ke Manchester United, Giuseppe Rossi Semringah
Mantan penyerang Manchester United yang kini tak memiliki klub, Giuseppe Rossi (tengah) berlatih dengan skuat Setan Merah, Rabu (16/1/2019) malam WIB. [laman resmi Man United]

Rossi pernah menimba ilmu di akademi Manchester United serta memperkuat tim senior Setan Merah.

Suara.com - Mantan penyerang Manchester United , Giuseppe Rossi kembali ke klub berjuluk Setan Merah itu. Striker berkebangsaan Italia itu telah berlatih bersama skuat Man United dalam sepekan terakhir. Rossi pun tak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

Meski demikian, Rossi tidak kembali untuk menjadi pemain Man United. Striker berusia 31 tahun itu hanya diundang secara khusus oleh pelatih interim Man United, Ole Gunnar Solskjaer, untuk berlatih bersama skuatnya.

Hal ini untuk meningkatkan kembali kebugaran Rossi usai pengoleksi 29 caps bersama Timnas Italia itu tak memiliki klub sejak akhir musim lalu, usai dilepas klub Liga Italia, Genoa.

Rossi memang kerap diganggu cedera, mulai dari cedera engkel hingga hamstring, yang membuat performanya cukup menukik dalam beberapa musim terakhir.

Meski demikian, Rossi telah menyatakan hasratnya untuk segera kembali ke lapangan hijau dengan tentunya segera mendapatkan klub baru. Solskjaer sendiri akhir pekan lalu menyatakan jika Man United takkan mengontrak Rossi, namun akan terus membantu sang pemain untuk meningkatkan kebugarannya.

Sebagai informasi, Rossi pernah jadi rekan satu tim Solskjaer di Man United sebagai pemain. Rossi pernah menimba ilmu di akademi Man United - setelah meninggalkan akademi Parma, serta memperkuat tim senior Setan Merah pada 2004-2007, meski ia menghabiskan musim 2006/2007 bersama Newcastle United sebagai pemain pinjaman.

Hanya mencatatkan total lima penampilan bersama Man United di rezim Sir Alex Ferguson, Rossi akhirnya memutuskan cabut ke Villarreal pada musim panas 2007. Penyerang kelahiran New Jersey, Amerika Serikat itu pun menjelama jadi mesin gol di Spanyol.

Pada 2013, Rossi mencoba peruntungannya dengan mudik ke Italia untuk gabung Fiorentina. Sempat bersinar bersama La Viola -julukan Fiorentina- pada awal-awal kariernya di Serie A, Rossi kemudian mulai diganggu sederet cedera kambuhan.

Sempat kembali ke Liga Spanyol sebagai pemain pinjaman bersama Levante dan Celta Vigo, Rossi akhirnya dikontrak Genoa dengan status free transfer pada Desember 2017.

Namun, Rossi kembali tak maksimal di paruh kedua musim 2017/2018 alias musim lalu, sebagaimana masalah cedera kembali menghantuinya, yang diperparah dengan gagalnya penyerang kidal itu dalam menjalani tes doping pada Mei 2018. Genoa pun melepasnya, dan hingga detik ini Rossi belum juga memiliki kiub baru.

Rossi sendiri mengaku sangat bahagia sekaligus tersanjung Solskjaer mau mengajaknya untuk ikut latihan bersama skuat Man United. Kembali ke AON Training Complex -pusat latihan Man United, Rossi pun mengakui tidak ada banyak perubahan yang terjadi pada Man United.

Ya, Rossi masih merasa nyaman dan tetap merasa jika Man United adalah rumahnya. Perasaannya kini persis seperti saat dia bergabung dengan Man United pada 2004 silam, saat usianya kala itu baru 17 tahun.

"Senang sekali bisa bermain dengan para pemain dan kembali ke lingkungan yang saya rasakan 14 tahun lalu saat pertama kali datang. Saya hanya berlatih dengan mereka, menjaga kebugaran dan ingin tetap tajam," buka Rossi di laman resmi Man United.

"Saya sangat senang bisa kembali menjadi bagian Man United, meski tidak sebagai pemain. Saya sangat bahagia sekaligus tersanjung atas kebaikan Ole, dan tentunya klub," paparnya.

"Fasilitasnya memang sudah berubah. Tapi, saya melihat orang yang sama di sekitar dan itu bagus. Ada Ole (Gunnar Solskjaer), Mike Phelan (asisten pelatih Man United), Michael Carrick (staf pelatih Man United yang juga mantan rekan setim Rossi)," tutur Rossi.

"Perasaan yang sama, saya masih merasa seperti di rumah. Tidak ada yang berubah. Ya, maksud saya gestur tim, suasana kekeluargaan di skuat dari Ole dan semua pemain. Ini sesuatu yang indah," ungkap pria berusia 31 tahun itu.

"Tentu saja saya ingin kembali bermain. Saya siap untuk kembali saat ini! Tapi, sayangnya sudah empat atau lima bulan ini saya tidak punya tim. Tapi, saya ingin segera bermain lagi. Saya ingin bermain sepakbola lagi, itu pasti," tandasnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS