Penghormatan untuk Mendiang Emiliano Sala, Nantes Pensiunkan Nomor 9

Rully Fauzi
Penghormatan untuk Mendiang Emiliano Sala, Nantes Pensiunkan Nomor 9
Gambar Emiliano Sala dipampang di pusat latihan Nantes di La Joneliere in La Chapelle-sur-Erdre, Prancis bagian barat. Sederet karangan bunga pun ditaruh para suporter di bawah gambar ini. [LOIC VENANCE / AFP]

Apa yang dilakukan Nantes untuk mengenang Emiliano Sala memang patut diacungi jempol.

Suara.com - Teka-teki soal Emiliano Sala akhirnya terjawab akhirnya terjawab hari ini. Satu jasad yang diangkat ke permukaan laut diidentifikasi sebagai jasad penyerang asal Argentina tersebut.

Sebelumnya dalam proses pengangkatan badan pesawat, tim Air Incidents Investigation Branch (AAIB) berhasil mengeluarkan satu jenazah dari dalam pesawat dengan menggunakan Remotely operated Vehicles (ROVs). Pengangkatan jenazah tersebut disebut berjalan sulit karena cuaca buruk.

Awalnya tim penyelamat tak mengetahui jenazah itu siapa, apakah Sala atau pilot David Ibbotson. Tapi, setelah dilakukan autopsi, barulah diketahui bahwa jenazah itu adalah Sala. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepolisian Dorsett pada Jumat (8/2/2019) pagi WIB.

Seperti diketahui, Sala menaiki pesawat pribadi Pier Malibu dari Prancis ke Wales, untuk menuntaskan kepindahannya ke Cardiff City dari Nantes senilai 15 juta pounds pada bursa transfer Januari 2019.

Nahasnya, pesawat tersebut dinyatakan hilang kontak di Selat Inggris sejak Senin (21/1/2019) malam waktu setempat. Setelah urung mendapatkan hasil, Kepolisian Guernsey akhirnya menghentikan pencarian striker berusia 28 tahun itu beserta sang pilot, David Ibbotson pada Kamis (24/1/2019) sore waktu setempat.

Namun karena banyaknya permintaan dari berbagai kalangan, termasuk rekan sesama pesepakbola, pencarian pun dilanjutkan dengan dipimpin oleh Direktur Blue Water Recoveries, David Mearns, yang membawahi tim bentukan AAIB.

Dan setelah pekan lalu AAIB menemukan beberapa bagian pesawat, termasuk dua bantal kursi pesawat, di pesisir pantai dekat Kota Surtainville, Semenanjung Cotentin, Normandia, bagian timur laut Prancis, kini jasad Sala akhirnya berhasil ditemukan di dasar laut, dalam jarak 33 km dari Pantai Guernsey di Selat Inggris.

Sala dipastikan meninggal dunia, Nantes sebagai klub terakhir yang diperkuat Sala pun memberi tribute alias penghormatan. Tak tanggung-tanggung klub Ligue 1 Prancis itu resmi mempensiunkan nomor 9, yang sebelumnya memang digunakan mendiang Sala.

Para pendukung FC Nantes mengenang mantan striker Emiliano Sala yang hilang dalam penerbangan ke Cardiff pada 21 Januari lalu. [AFP/Sebastien Salom Gomis]
Para pendukung Nantes mengenang mantan striker Emiliano Sala yang hilang dalam penerbangan ke Cardiff pada 21 Januari 2019 lalu. [AFP/Sebastien Salom Gomis]

Hal ini diungkapkan langsung oleh Presiden Nantes, Waldemar Kita, yang tak bisa menahan kesedihannya pasca Sala dikonfirmasi meninggal dunia.

"Saya tidak bisa bilang apa-apa. Ini tragedi, saya merasa hancur. Emiliano Sala meninggalkan jejaknya. Itulah mengapa, seperti kebanyakan fans, saya berharap bisa menghormatinya dengan mempensiunkan nomor 9," ucap Kita mengutip dari Mirror.

Di laman resmi mereka, Nantes juga memberi tribute untuk Sala. Mereka memajang wajah mendiang sang striker dengan diberi tulisan; 'Noue ne t'oublierons jamais, Emi!' yang berarti 'Kami tidak akan melupakanmu, Emi!'.

"Karena Emiliano Sala tidak akan pernah menjadi bagian dari legenda yang telah menulis sejarah besar FC Nantes, nomor 9 yang ia kenakan ditarik," demikian pernyataan di laman resmi Nantes.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS