Laga Newcastle Jets vs Persija Jakarta Berlanjut ke Perpanjangan Waktu

Rully Fauzi
Winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak (tengah) coba merebut bola dari pemain Newcastle Jets pada laga babak kualifikasi kedua Liga Champions Asia 2019 di McDonald Jones Stadium, Newcastle, Australia, Selasa (12/2/2019) sore WIB. [Twitter resmi Newcastle Jets]
Winger Persija Jakarta, Riko Simanjuntak (tengah) coba merebut bola dari pemain Newcastle Jets pada laga babak kualifikasi kedua Liga Champions Asia 2019 di McDonald Jones Stadium, Newcastle, Australia, Selasa (12/2/2019) sore WIB. [Twitter resmi Newcastle Jets]

Tuan rumah Newcastle Jets dan Persija Jakarta bermain imbang 1-1 dalam 2 x 45 menit.

Suara.com - Persija Jakarta kembali melanjutkan perjuangan mereka di babak kualifikasi demi mewujudkan mimpi lolos ke babak fase grup Liga Champions Asia 2019.

Setelah mengalahkan tuan rumah Home United 3-1 pada laga kualifikasi pertama di Singapura pekan lalu, Persija kembali melakoni laga tandang pada babak kualifikasi kedua.

Kali ini lawan yang dihadapi adalah Newcastle Jets, klub A-League alias Liga Utama Australia. Sampai 2 x 45 menit berakhir di McDonald Jones Stadium berakhir, Selasa (12/2/2019) sore WIB, kedua tim bermain imbang 1-1. Laga pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Jalannya Pertandingan

Jets langsung mengambil inisiatif serangan sejak laga dimulai. Namun di 10 menit pertama, praktis belum ada peluang yang berarti dari dari tim tuan rumah maupun Persija.

Menit 11, sebuah eksekusi tendangan bebas Petraros masih melambung di atas gawang Persija kawalan kiper dan kapten tim, Andritany Ardhiyasa.

15 menit awal laga, Jets sama sekali tak memberi celah sedikit pun bagi Persija untuk mengembangkan permainan.

Menit 19, Persija akhirnya mendapat peluang pertama mereka. Riko Simanjuntak menembakkan bola voli tapi sayang seribu sayang, arahnya tepat kepada kiper Jets, Moss.

Menit 26, kembali Riko mengancam. Sang winger melepaskan tembakan mendatar jarak jauh tapi arahnya melenceng ke sisi kanan gawang Jets.

Memasuki menit 31, Jets mendapatkan dua kans emas untuk mencetak gol. Sayang, tim tuan rumah menyia-nyiakannya yang membuat dua peluang ini terbuang percuma.

Petratos merangsek masuk ke dalam kotak penalti usai menyambut bola through pass, tapi Andritany dengan sigap keluar dari sarangnya untuk mengamankan bola.

Setelah itu, sebuah sundulan Donovan yang berdiri bebas di muka gawang Persija gagal menjadi gol lantaran masih menyamping. What a chance!

Lima menit jelang turun minum, pelatih Persija, Ivan Kolev menarik keluar Yan Peter Nasadit untuk digantikan oleh Tony Sucipto. Yan sendiri tidak terlihat cedera, mungkin ini merupakan pergantian taktikal dari sang juru taktik.

Memasuki menit 45, Marko Simic melepaskan sepakan akrobatik di kotak penalti Jets. Sayang, sepakan bomber Persija itu masih melambung.

Dan pada injury time babak pertama, sepakan cukup keras Tony Sucipto masih bisa ditangkap dengan baik oleh Moss. 

Memasuki paruh kedua, Persija mengancam di awal-awal melalui tendangan bebas Ismed Sofyan. Namun, usaha Ismed ini masih bisa dihalau bek Jets dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Menit 49, Jets membuka keunggulan via Ronald Vargas. Menerima umpan dari sisi kiri, Vargas berhasil menceploskan bola ke gawang setelah sebelumnya mampu meloloskan diri dari penjagaan centre-back Persija.

Menit 62, Alberto Goncalves melakukan shooting dari luar kotak penalti. Sayang, usaha penyerang veteran Persija ini masih lemah dan bisa ditangkap dengan baik oleh kiper Moss.

Momen menarik terjadi pada menit 69. Dalam situasi tertekan, kiper Persija Andritany masih bisa menunjukkan ketenangan dan teknik berkelasnya kala mengelabui striker Jets. Aksi ini terbilang berani mengingat Andritany menunjukkan skill-nya sebagai seorang kiper di kotak penalti Persija.

Persija sendiri akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit 72. Melalui skema sepak pojok, sundulan Ramdani Lestaluhu sempat coba dihalau bek Jets. Namun bola kemudian mengenai mistar dan memantul ke tanah sebelum akhirnya masuk ke gawang. 1-1!

Persija mampu mempertahankan hasil imbang 1-1 ini hingga babak kedua usai. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu mengingat laga hanya berjalan satu putaran.

Susunan Pemain

Persija Jakarta XI (4-3-3): Andritany Ardhiyasa(C); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Dany Saputra/Fitra Ridwan; Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Yan Pieter Nasadit/Tony Sucipto; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Alberto Goncalves/Novri Setiawan.

Cadangan: Shahar, Septinus Alua, Bambang Pamungkas, Heri Susanto.

Pelatih: Ivan Kolev (Bulgaria)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS