Indra Tak Jamin Skuat Piala AFF U-22 Ikut Kualifikasi Piala Asia U-23

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Indra Tak Jamin Skuat Piala AFF U-22 Ikut Kualifikasi Piala Asia U-23
Pelatih timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri usai memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan. [Suara.com/Adie Prasetyo]

30 pemain dipanggil Indra Sjafri, tujuh diantaranya muka baru.

Suara.com - Indra Sjafri, pelatih yang sukses mengantar timnas Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF U-22 2019 di Kamboja beberapa waktu lalu, tidak menjamin skuatnya di turnamen tersebut akan turun memperkuat Garuda Muda di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Kualifikasi Piala Asia U-23 itu sendiri akan digelar di Vietnam, 22-26 Maret 2019.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup K. Di grup tersebut, Garuda Muda akan menghadapi tuan rumah Vietnam, Thailand, dan juga Brunei Darussalam.

Pada pemusatan latihan jelang turnamen U-23 itu, Indra Sjafri memanggil 30 pemain. Tujuh diantaranya merupakan pemain baru sementara sisanya merupakan pemain yang menjuarai Piala AFF U-22.

Tujuh pemain baru yang dipanggil Indra adalah Egy Maulana Vikri (Lechia Gdank), Saddil Ramdani (Pahang FA), Ezra Walian (RKC Waalwijk), TM Ichsan (Bhayangkara FC), Mahir Radja Djamaoeddin (Bhayangkara FC), Kadek Raditya (Madura United), dan Feby Eka Putra (Bali United).

Pemain Timnas U-22 merayakan kemenangan seusai pertandingan final Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2). [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]
Pemain Timnas U-22 merayakan kemenangan seusai pertandingan final Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2). [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

"Ini kan 30, boleh dibawa 23 saja. Jadi nggak jamin pemain AFF kemarin, tapi yang jamin itu kualitas dia. Pemanggilan tujuh ini tentu agar mereka kompetitif, kedua saya melihat ada beberapa posisi harus kita cari pemain lain," kata Indra Sjafri di Stadion Madya Senayan, Senin (4/3/2019).

Indra memastikan skuatnya tidak akan terbuai oleh gelar juara Piala AFF U-22. Pelatih asal Sumatera Barat itu menyebut target timnas Indonesia sesungguhnya adalah Piala Asia U-23 2020 yang akan berlangsung pada Januari tahun depan di Thailand.

Indra pun berharap anak asuhnya bisa lolos babak kualifikasi, dan menembus empat besar di Piala Asia U-23 demi tampil di Olimpiade 2020 yang akan digelar di Jepang.

"Saya tahu mereka (pemain) pejuang semua, kita tak akan larut juara AFF. Target utama kita kan bukan AFF, tapi lolos dari kualifikasi, 16 besar, kemudian jadi empat besar untuk Olimpiade," Indra menambahkan.

"Tidak kalah penting juga SEA Games. dari tahun 1991, kita belum pernah terima emas. Mudah-mudahan bisalah," pungkasnya.

Dari 30 pemain yang dipanggil, baru 26 yang ambil bagian di hari pertama pemusatan latihan kualifikasi Piala Asia U-23. Pemain-pemain yang belum bergabung adalah Egy, Ezra, Saddil, dan Todd Rivaldo Ferre.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS