Masuk Pot Kedua, Indonesia Diunggulkan di Sepak Bola SEA Games 2019

Rauhanda Riyantama
Masuk Pot Kedua, Indonesia Diunggulkan di Sepak Bola SEA Games 2019
Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Bali United pada laga uji coba sebelum kualifikasi Piala Asia U-23 2020. (Dok. PSSI)

Indonesia berada di pot kedua bersama Malaysia.

Suara.com - Undian pembagian pot untuk cabang sepak bola SEA Games ke-30 2019 telah dilakukan pada Selasa (19/3/2019). Alhasil, Indonesia berada di pot kedua bersama Malaysia.

Di pot pertama terdapat tuan rumah Filipina dan Thailand. Sementara pot ketiga diisi oleh Myanmar dan Singapura, dan pot keempat ditempati Vietnam, Kamboja, Laosm Brunei, dan Timor Leste.

Pembagian pot ini merujuk pada pencapaian SEA Games 2017 di Malaysia, yang mana Thailand merupakan peraih medali emas, Malaysia mendapat perak, dan Indonesia harus puas dengan perunggu.

Filipina masuk ke dalam pot pertama karena merupakan tuan rumah SEA Games 2019. Sedangkan Vietnam yang pada SEA Games terakhir gagal lolos dari fase grup berada di pot non-unggulan.

Sebagai informasi, SEA Games ke-30 2019 di Filipina akan diselenggarakan pada 30 November hingga 11 Desember. Terdapat 523 nomor dari 56 cabang olahraga.

Pertandingan sepak bola sendiri bakal dihelat di Stadion Rizal Memorial, di Manila. Sementara untuk cabor sepak bola putri dilangsungkan di Stadion Binan, Laguna.

Sementara itu, Filipina selaku tuan rumah SEA Games 2019 memberlakukan aturan baru di cabang sepak bola putra. Filipina menetapkan bahwa setiap kontestan yang terdiri dari pemain berusia di bawah 22 tahun hanya dapat membawa dua pemain senior.

Dengan aturan ini, jatah pemain senior yang diperbolehkan jauh lebih kecil dari SEA Games 2017 di Malaysia. Kala itu, jatah pemain senior yang boleh ikut mencapai tiga orang.

Berikut pembagian pot untuk cabang sepak bola pria SEA Games 2019.

Hasil pembagian pot cabor sepak bola pria SEA Games 2019 di Filipina. (Instagram/aseanfutbol)
Hasil pembagian pot cabor sepak bola pria SEA Games 2019 di Filipina. (Instagram/aseanfutbol)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS