Final Presiden 2019: Persebaya Ditahan Arema FC 2-2 pada Leg Pertama

Rully Fauzi
Final Presiden 2019: Persebaya Ditahan Arema FC 2-2 pada Leg Pertama
Winger Persebaya, Irfan Jaya (kiri) beraksi pada laga leg pertama final Piala Presiden 2019 kontra Arema FC di Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4/2019) sore WIB. [laman resmi Persebaya]

Arema FC pun di atas kertas kini lebih berpeluang untuk menjadi juara Piala Presiden 2019.

Suara.com - Laga sengit tersaji pada leg pertama final Piala Presiden 2019, yang mempertemukan tuan rumah Persebaya kontra Arema FC dalam Derby Jawa Timur di Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4/2019) sore WIB.  Persebaya ditahan imbang tamunya asal Malang tersebut dengan skor  2-2.

Pertandingan babak pertama berlangsung sengit dengan intensitas serta tempo permainan yang tinggi. Laga baru berjalan delapan menit, Persebaya langsung unggul setelah winger Irfan Jaya mencetak gol.

Setelah menerima umpan jauh dari Otavio Dutra di sisi kanan area penalti, Irfan melepaskan tembakan melengkung yang bersarang di pojok kiri gawang Arema. What a goal, Persebaya unggul 1-0!

Meski kini tertinggal, Arema sendiri tidak panik. Counter-attack cepat Arema sempat beberapa kali mengancam lini pertahanan Persebaya, sebagaimana serangan-serangan tim tamu dimotori oleh Dedik Setiawan dan Ricky Kayame.

Arema akhirnya mampu menyamakan kedudukan lewat Hendro Siswanto pada menit 33. Memanfaatkan blunder Fandi Eko Utomo yang kehilangan bola di lini tengah, Hendro kemudian menggiring bola ke dalam kotak penalti, sebelum melepaskan tendangan keras yang merobek jala gawang Persebaya. 1-1!

Skor 1-1 membuat laga kian terbuka. Kedua tim saling jual-beli serangan, namun skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama rampung.

Memasuki paruh kedua, Persebaya langsung mendapatkan peluang lewat Manuchekhir Dzhalilov. Sayang, tendangan attacker asal Tajikistan itu melambung jauh dari gawang Arema kawalan kiper Kurniawan Kartika Ajie.

Setelah itu, Persebaya membuang percuma peluang emas pada menit 51. Umpan silang Dutra gagal disundul oleh Fandi, dan juga gagal diteruskan oleh Dzhalilov.

Setali tiga uang, Arema juga gagal memanfaatkan peluang emas pada menit 60. Blunder kiper Persebaya, Miswar Saputra saat hendak melakukan sapuan, dikuasai oleh Kayame. Sayang, bintang Arema itu gagal mengarahkan bola ke gawang.

Persebaya kemudian mendapatkan penalti pada menit 71, setelah Amildo Balde dilanggar oleh Hamka Hamzah di dalam kotak terlarang.

Damian Lizio pun maju menjadi eksekutor penalti dan sukses menunaikan tugasnya dengan baik. Sepakannya ke pojok kanan bawah gawang Arema gagal dijangkau oleh kiper.

Pada menit 79, Arema kembali berhasil menyamakan kedudukan! Free kick cantik Makan Konate langsung masuk ke gawang Persebaya. Kiper Miswar praktis tak bisa berbuat banyak. 

Di sisa pertandingan, tak ada gol lagi yang tercipta. Pertandingan berakhir dengan skor imbang 2-2.

Dengan hasil ini, maka Arema FC tentu diuntungkan. Pasalnya, pada leg kedua, Arema akan menjadi tuan rumah di Stadion Kanjuruhan. Laga ini rencananya akan dihelat Jumat (12/4/2019) malam WIB.

Arema sudah mengantongi keunggulan gol tandang, tinggal membutuhkan hasil seri 1-1 untuk memastikan diri menjadi juara.

Susunan Pemain

Persebaya XI: Miswar Saputra; M.Syaifuddin, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Novan Setya; M. Hidayat, Misbakus Solikhin, Damian Lizio; Irfan Jaya, Manu Jalilov, Amido Balde.

Arema FC XI: Kartika Ajie; Alfin Tuasalamony, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Alfarizi; Hendro Siswanto, Makan Konate, Hanif Sjahbandi; Dendy Santoso, Riky Kayame, Dedik Setiawan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS