Fakhri Husaini Minta Penggawa Timnas Indonesia Belajar dari Laos

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Fakhri Husaini Minta Penggawa Timnas Indonesia Belajar dari Laos
Pelatih Timnas Indonesia U-18,Fakhri Husaini, mengecek lapangan di Stadion Binh Duong 2, Senin (5/8/2019). (dok.PSSI)

Timnas Indonesia susah payah mengalahkan Laos

Suara.com - Pelatih timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini meminta anak asuhannya untuk bisa belajar dari gaya permainan Laos di Piala AFF U-18 2019. Sebab, bagi Fakhri Laos sangat menyulitkan anak asuhannya.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh City, Senin (12/8/2019), Garuda Nusantara --julukan timnas Indonesia U-18-- susah payah mengalahkan Laos. Meski pada akhirnya, Indonesia menang dengan skor 2-1.

Bahkan, Sutan Zico dan kawan-kawan sempat tertinggal lebih dahulu. Sempat menyamakan kedudukan lewat gol dari Bagus Kahfi, beruntung bunuh diri pemain Laos membuat Indonesia membalikkan keadaan.

Selebrasi para pemain timnas Indonesia U-19 usai berhasil membobol gawang Timor Leste dalam pertandingan kedua Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Go Dau, Vietnam, Kamis (8/8/2019) (dok. PSSI).
Selebrasi para pemain timnas Indonesia U-19 usai berhasil membobol gawang Timor Leste dalam pertandingan kedua Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Go Dau, Vietnam, Kamis (8/8/2019) (dok. PSSI).

Fakhri Husaini pun memuji permainan bertahan yang diperagakan oleh Laos. Menurutnya, ini pelajaran yang sangat berharga untuk Pasukan Merah Putih.

"Saya menilai Laos disiplin dalam menyerang dengan menyisakan pemain bertahan mereka di daerahnya dan mereka tak bergerak dari tempatnya. Itu yang membuat kami kesulitan sedikit untuk mengembangkan permainan. Dalam menekan, mereka membagi dua grup, lima menyerang dan lima lagi diam menjaga daerah pertahanannya," kata Fakhri Husaini dikutip dari media PSSI.

"Tapi syukur Alhamdulillah pemain saya bisa meresponnya setelah kami kemasukan gol pertama tadi. Ini pengalaman lagi bagi mereka saat menghadapi tim yang bermain seperti Laos. Mereka harus bisa bermain lebih disiplin dan tenang dalam menyerang," tambahnya.

Berkat tambahan tiga poin tersebut timnas Indonesia U-18 melaju ke semifinal Piala AFF U-18. Pelatih asal Aceh itu masih ingin fokus menghadapi pertandingan terakhir kontra Myanmar di Grup A.

"Apapun itu kemenangan ini sangat berarti bagi kami, untuk mengamankan posisi kami di klasemen. Saya apresiasi kerja keras tim. Ini bukan pertandingan yang mudah. Kami siap siapa pun lawan kami di semifinal," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS