Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF U-18, Pelatih Vietnam Mundur

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF U-18, Pelatih Vietnam Mundur
Pelatih Timnas Vietnam U-18, Hoang Anh Tuan. (Dok. Vocketfc).

Hoang Anh Tuan mundur usai gagal antarkan Vietnam ke semifinal Piala AFF U-18 2019.

Suara.com - Pelatih Timnas Vietnam U-18, Hoang Anh Tuan, membuat keputusan mengejutkan setelah gagal mengantarkan anak asuhnya berprestasi di Piala AFF U-18 2019. Ya, ia memutuskan untuk mundur.

Vietnam sejatinya tampil meyakinkan di Piala AFF U-18 2019. Vo Minh Trong dan kolega mengawali pertandingan perdana di Grup B dengan meraih kemenangan 1-0 atas Malaysia.

Pada pertandingan selanjutnya, Vietnam mengalami penurunan performa dengan dilumat 1-4 oleh Australia. Meski demikian, The Golden Stars muda masih memiliki peluang lolos karena mampu bangkit ketika menang 3-0 atas Singapura.

Performa Vietnam masih tampak meyakinkan setelah menahan imbang 0-0 Thailand pada pertandingan keempat. Namun, saat laga penentuan melawan Kamboja, Dom Lucas Braz cs justru menelan kekalahan tipis 1-2. Padahal, jika menang, Vietnam akan lolos ke semifinal dengan poin akhir 10.

Alhasil, peluang lolos Vietnam yang sudah tampak di depan mata lenyap begitu saja. Hoang Anh Tuan selaku nakhoda tim pun memilih mundur sebagai bentuk tanggung jawab kegagalan.

"Setelah Vietnam gagal mencapai semi-final turnamen B-18 AFF, pelatih Hoang Anh Tuan telah mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pelatih kepala Vietnam U-18," pernyataan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), dikutip dari Vocketfc.

"Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) ingin mengucapkan terima kasih atas kontribusinya dan berharap dia sukses di masa depan," lanjutnya.

Kekalahan Vietnam menjadi keberkahan bagi Malaysia. Pasalnya, Malaysia yang sebelumnya terancam gagal lolos karena menelan kekalahan atas Thailand pada laga pamungkas, akhirnya lolos ke semifinal dengan status runner-up grup dengan poin akhir sembilan.

Di babak semifinal, Malaysia akan bersua Timnas Indonesia U-18 selaku juara Grup A. Pertandingan penuh gengsi kedua negara itu akan diselenggarakan di Thu Dau Mot, Vietnam, Sabtu (17/8/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS