Big Sam: Jangan Heran jika Manchester United Terdegradasi Musim Ini

Rully Fauzi
Big Sam: Jangan Heran jika Manchester United Terdegradasi Musim Ini
Suasana laga pekan kedelapan Liga Inggris 2019/2020 antara Newcastle United vs Manchester United di St. James' Park, Newcastle, Minggu (6/10/2019) malam WIB. [Paul ELLIS / AFP]

Sam Allardyce alias Big Sam melontarkan pandangannya terkait Manchester United musim ini.

Suara.com - Awan kelam terus menaungi Manchester United. Tren buruk The Red Devils --julukan Man United-- di Liga Inggris 2019/2020 terus berlanjut, dengan yang teranyar tumbang di tangan Newcastle United.

Bertandang ke St. James' Park dalam laga pekan kedelapan akhir pekan lalu, Man United menyerah dengan skor 0-1.

Dengan hasil minor tersebut, Man United pun telah menelan tiga kekalahan di Liga Inggris musim ini dari delapan matchweek yang telah berjalan.

Raihan poin mereka pun belum sampai dua digit, sebagaimana Marcus Rashford dan kolega baru mengoleksi sembilan poin.

Man United kini 'mantap' di papan tengah klasemen sementara dengan bercokol di peringkat ke-12, tertinggal 15 poin dari Liverpool yang ada di puncak, serta terpaut lima poin dari zona top four.

Yang lebih memalukan lagi, Man United kini hanya berjarak dua poin saja dari zona degradasi! Everton saat ini menghuni peringkat ke-18 klasemen dengan mengoleksi tujuh poin.

Tak ayal, posisi Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer Man United pun kian under pressure dengan hasil buruk teranyar ini, terlebih The Red Devils juga terseok-seok di Liga Europa dan Piala Liga Inggris.

Sebagai informasi, Man United asuhan Solskjaer resmi mencatatkan start terburuk klub di kompetisi top-flight Inggris dalam 30 tahun terakhir!

Tak hanya itu, Solskjaer juga telah gagal membawa Man United memenangi laga tandang sejak Maret 2019 lalu di semua kompetisi.

Pelatih berusia 46 tahun itu juga kini menjadi pelatih Man United dengan presentase kemenangan terendah pasca rezim Sir Alex Ferguson, lebih buruk dari Jose Mourinho, Louis van Gaal, bahkan David Moyes.

Terkait performa buruk Man United di musim ini, pelatih kawakan asal Inggris, Sam Allardyce pun melontarkan pandangannya.

Mantan pelatih Newcastle United, West Ham United, Crystal Palace dan Timnas Inggris itu menyatakan bahwa publik jangan heran jika Man United akhirnya terdegradasi musim ini, setelah terakhir kali turun kasta dari top-flight pada 1974 alias 45 tahun silam!

Menurut Allardyce, skuat Man United saat ini tidak cukup baik, bahkan untuk sekadar bertarung di papan tengah Liga Inggris.

"Skuat mereka (Man United) tidak cukup baik, sesimpel itu. Sebelum musim dimulai, orang-orang bicara soal target mereka finis di empat atau enam besar (klasemen Liga Inggris). Kenyataannya, mereka mungkin akan kesulitan finis di papan tengah," celoteh Allardyce kepada talkSPORT.

"Dan sangat mungkin jika mereka bertarung di papan bawah musim ini. Jadi, jangan heran jika mereka pada akhirnya terdegradasi," celoteh pria yang akrab disapa Big Sam itu.

"Kemungkinan degradasi itu cukup terbuka, jika kepercayaan diri para pemain terus menghilang seiring berjalannya musim. Plus masalah cedera yang mendera mereka, jika itu terus berlanjut, maka mereka benar-benar ada dalam masalah besar," jelas Allardyce.

"Manchester United tidak mencetak banyak gol. Anda bisa melihat itu menjadi akar permasalahan mereka. Mudah-mudahan ini tidak membawa mereka ke papan bawah, namun harus diakui jika saat ini yang terlihat adalah seperti itu," tandas Big Sam.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS