Belanda Hanya Menang Tipis, Van Dijk Kritik Lapangan Milik Belarusia

Rully Fauzi
Belanda Hanya Menang Tipis, Van Dijk Kritik Lapangan Milik Belarusia
Bek sekaligus kapten Timnas Belanda, Virgil van Dijk tampil dalam laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 kontra Belarusia di Dinamo Stadium, Minsk, Senin (14/10/2019) dini hari WIB. [Sergei GAPON / AFP]

Belanda hanya bisa menang tipis 2-1 atas Belarusia pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 dini hari tadi.

Suara.com - Diunggulkan untuk menang mudah, Timnas Belanda akhirnya hanya bisa menang tipis atas tuan rumah Belarusia dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup C.

Bermain di Dinamo Stadium, Minsk, Belarusia, Senin (14/10/2019) dini hari WIB, Belanda hanya bisa menang dengan skor 2-1.

Georginio Wijnaldum jadi aktor kemenangan Belanda kali ini dengan sumbangan dua golnya pada menit ke-32 dan 41.

Tim tuan rumah kemudian sempat membalas lewat gol Stanislaw Drahun di awal babak kedua. Namun hingga laga rampung, skor 2-1 untuk keunggulan Belanda tetap bertahan.

Usai laga, bek andalan sekaligus kapten Timnas Belanda, Virgil van Dijk mengeluhkan kondisi permukaan lapangan Dinamo Stadium.

Menurut pilar Liverpool itu, hal inilah yang membuat Belanda kesulitan mengembangkan permainan.

"Hari ini kami kesulitan, kami benar-benar sibuk untuk membongkar tumpukan pemain bertahan lawan (Belarusia), karena mereka sangat kompak," buka Van Dijk seperti dimuat laman resmi UEFA.

"Namun, ini juga jelas bukan lapangan yang bagus. Praktis kami benar-benar kesulitan untuk mengembangkan permainan. Tapi, kemenangan tetap yang utama, kami gembira bisa meraih tiga poin," celoteh mantan bek Southampton itu.

Setali tiga uang dengan Van Dijk, buruknya kondisi permukaan lapangan Dinamo Stadium juga dikeluhkan oleh Wijnaldum, yang masuk score sheet dua kali di laga kontra Belarusia ini.

"Ini merupakan malam yang berat bagi kami. Tidak mudah untuk bermain di lapangan seperti itu," tutur Wijnaldum.

"Kami berpuas diri pada babak kedua, dan pengaturan posisi kami tidak bagus. Kami terlalu sering kehilangan penguasaan bola," imbuh rekan setim Van Dijk di Liverpool itu.

Kemenangan ini sendiri membawa Belanda memuncaki klasemen sementara Grup C dengan koleksi 15 poin, dengan dua matchday tersisa di babak kualifikasi ini.

Jumlah poin Belanda sama dengan yang dimiliki Jerman yang ada di peringkat kedua. Meski demikian, De Oranje --julukan Timnas Belanda-- unggul head-to-head.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS