PSM Makassar Digdaya, Kalteng Putra Gagal Beranjak dari Dasar Klasemen

Syaiful Rachman
PSM Makassar Digdaya, Kalteng Putra Gagal Beranjak dari Dasar Klasemen
Pesepak bola PSM Makassar Rizky Pellu melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kalteng Putra dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/11/2019). Tuan rumah PSM Makassar menang dengan skor 2-1 (1-1). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.

PSM Makassar sempat tertinggal lebih dulu.

Suara.com - PSM Makassar sukses mengamankan tiga poin. Menjamu Kalteng Putra di pekan ke-27 Liga 1 2019, Rabu (6/11/2019), PSM memetik kemenangan tipis dengan skor 2-1.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, PSM Makassar yang bertekad mengakhiri trend negatif di laga kandang langsung menekan di awal laga.
Gagal memainkan bola-bola pendek untuk menembus pertahanan Kalteng Putra, tembakan jarak jauh beberapa kali dilepaskan Amido Balde dan Wiljan Pluim. Namun belum membuahkan hasil.

Memasuki menit 17, Kalteng Putra yang ditekan sejak awal pertandingan justru berhasil memecah kebuntuan lebih dulu. Lewat skema serangan balik cepat, kerjasama Sukadana dan Wasyiat membuka peluang emas bagi Pandi yang berhasil mengubah papan skor menjadi 0-1.

Tertinggal satu gol, PSM langsung bereaksi. Menyambut umpan tarik Balde, Pluim nyaris mengubah papan skor jika saja bola tidak dibendung Reky Rahayu.

Berulang kali menggedor pertahanan lawan, upaya keras anak-anak asuh Darije Kalezic akhirnya membuahkan hasil di menit 45. Menyambut umpan silang Kipuw, Balde menutup babak pertama dengan skor 1-1.

Perubahan dilakukan Kalezic di babak kedua. Untuk menambah daya gedor dari sisi lapangan, Zulham Zamrun dimasukkan menggantikan Ezra Walian.

Perubahan strategi tersebut cukup efektif di mana serangan PSM semakin intens. Meski gagal di sejumlah kesempatan, di menit 66 keadaan pun berbalik.

Berawal dari aksi Pluim, pemain kelahiran Belanda itu melepaskan umpan matang ke jantung pertahanan Kalteng yang langsung disambar Pellu. PSM Unggul 2-1.

Tertinggal, Kalteng Putra harus menelan kenyataan pahit setelah pemain yang baru masuk di menit 71, Abanda Rahman, di usir wasit setelah menerima kartu kuning kedua saat baru tujuh menit tampil.

Unggul jumlah pemain, PSM makin trengginas. Namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 tetap bertahan.

Dengan tambahan tiga poin, PSM Makassar yang kini mengantongi 36 poin beranjak ke posisi delapan klasemen sementara Liga 1. Sementara Kalteng Putra yang baru mengantongi 23 dari 26 pertandingan tertahan di dasar klasemen.

Susunan Pemain
PSM: Rivky Mokodompit; Benny Wahyudi, Hasyim Kipuw, Aaron Evans, Taufik Hidayat; Marc Anthony Klok, Risky Pellu, Wiljan Pluim; Risky Eka Pratama, Ezra Walian, Amido Balde.

Kalteng Putra: Reky Rahayu; Wasyiat Hasbullah, Rafael Bonfim, OK John, Dendi Maulana; Fajar Handika, I Gede Sukadana; Pandi Lestaluhu, Elthon Maran, Ferinando Pahabol; Eydison Soares.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS