Jerman Lolos Piala Eropa 2020 Usai Menang Telak 4-0 Atas Belarusia

Bangun Santoso
Jerman Lolos Piala Eropa 2020 Usai Menang Telak 4-0 Atas Belarusia
Bek Jerman Mathias Ginter bermain gemilang dengan turut mencetak gol dan assist saat menjamu Bellarusia di laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020 grup C, Minggu (17/11/2019) dini hari WIB. (Foto: AFP)

Toni Kroos sukses mencetak dua gol di pertandingan kali ini

Suara.com - Jerman akhirnya memastikan diri lolos Piala Eropa 2020 usai menjamu Belarusia di laga lanjutan kualifikasi Euro 2020 grup C di Borussia Park, Minggu (17/11/2019) dini hari WIB. Dalam pertandingan itu tim Panser menang telak 4-0.

Parade gol Jerman masing-masing dicetak oleh bek Matias Ginter di menit 41', gelandang L Goretzka menit 49'. Kemudian disusul dua gol dari Toni Kross masing-masing di menit 55 dan 83. Belarusia sempat memperoleh hadiah penalti di menit 75', namun Stasevich gagal mengeksekusi bola.

Dengan hasil ini untuk sementara Jerman berada di puncak klasemen grup C dengan 18 poin dari tujuh pertandingan. Belanda di posisi kedua dengan 16 poin, sedangkan Irlandia Utara di peringkat tiga dengan 13 poin, diikuti Belarusia (4) dan Estonia (1).

Dua tim teratas yakni Jerman dan Belanda sukses memastikan diri lolos putaran final Piala Eropa 2020.

Jalannya pertandingan

Sadar butuh kemenangan untuk memastikan diri lolos Piala Eropa 2020, Jerman langsung berinisiatif menyerang sejak menit pertama babak pertama dimulai. Namun Belarusia menampilkan pertahanan yang rapat.

Ketatnya barisan pertahanan lawan menyebabkan anak-anak Jerman kesulitan. Jerman tak kunjung menemukan celah untuk gol pembuka. Tuan rumah bahkan sempat dibuat berdebar ketika Belarusia mengancam lewat Stasevich, yang berhasil ditahan kiper Neuer.

Menyerang hampir sepanjang babak pertama, gol yang ditunggu tuan rumah akhirnya datang di menit 41. Bek Matias Ginter turut naik menyerang, ia sukses menyelesaikan sebuah crossing rendah yang dilepaskan Gnabry. 1-0 untuk Jerman sekaligus menutup jalannya babak pertama.

Keunggulan di babak pertama membuat permainan Jerman meningkat di babak kedua. Benar saja, laga babak kedua baru berjalan empat menit, tuan rumah sukses mencetak gol kedua.

Kali ini gelandang Goretzka turut mencatatkan skor memanfaatkan sepak pojok Toni Kroos. Skor berubah 2-0 untuk Jerman.

Enam menit berselang, Jerman bahkan mendapatkan gol ketiganya. Ginter kembali ambil bagian. Kali ini, dia mengirim assist yang diteruskan Kroos dengan tembakan first-time akurat dari ujung kotak penalti lawan.

Belarusia belum menyerah. Belarusia terus mencoba menyerang, dan akhirnya mendapatkan satu kesempatan emas setelah Pavel Nekhajchik dilanggar bek sentral Robin Koch di kotak terlarang. Namun sayang, eksekusi penalti Stasevich bisa digagalkan Neurer.

Mendekati injury time, Jerman kembali menambah gol menjadi 4-0. Toni Kroos sukses mencetak gol keduaya di laga kali ini usai menerima operan ciamik dari Gundogan di dalam kotak penalti. Dengan satu kecohan, Kroos kembali menaklukkan kiper lawan dengan tembakan mendatar.

Skor 4-0 untuk keunggulan Jerman menutup laga kali ini.

Susunan pemain

Jerman (4-3-3): Neuer; Schulz, Koch (kuning 75), Ginter, Klostermann; Kroos, Kimmich, Gundogan; Werner (Brandt 68), Gnabry (Waldschmidt 84) (Rudy 90+1), Goretzka.

Pelatih: Joachim Loew.

Belarusia (4-4-2): Gutor; Polyakov, Naumov, Martynovich, Matveychik; Nekhajchik (Bessmertny 84), Maevski, Dragun, Kovalev (Skavysh 78); Laptev (Lisakovich 68), Stasevich.

Pelatih: Mikhail Markhel

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS