Sejarah Baru, Timnas Finlandia untuk Pertama Kalinya Lolos ke Piala Eropa

Rauhanda Riyantama
Sejarah Baru, Timnas Finlandia untuk Pertama Kalinya Lolos ke Piala Eropa
Teemu Pukki sukses mengantarkan Finlandia lolos untuk pertama kalinya ke Piala Eropa edisi 2020. (The Sun/Lehtikuva)

Finlandia lolos ke Piala Eropa 2020 sebagai runner-up Grup J di bawah Italia.

Suara.com - Timnas Finlandia membuat sejarah baru di kancah sepak bola Eropa. Tim berjuluk Huuhkajat itu untuk pertama kalinya lolos ke putaran final Piala Eropa di edisi 2020.

Kepastian tersebut didapat Finlandia usai menundukkan Liechtenstein dengan skor 3-0 pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Sonera, Helsinki, Sabtu (16/11/2019) dini hari WIB. Teemu Pukki jadi aktor dalam kemenangan itu berkat torehan dua golnya.

Tambahan tiga angka sudah cukup bagi pasukan Markku Kanerva untuk lolos dari Grup J sebagai runner-up dengan koleksi 18 poin dari sembilan laga. Mereka berhak mendampingi Italia yang kokoh di puncak dengan 27 poin.

Peringkat Finlandia sudah tak mungkin disalip lagi oleh tim lain, termasuk Yunani yang menguntit di posisi tiga dengan koleksi 11 poin. Sebab, laga pada kualifikasi ini tinggal menyisakan satu kali lagi.

Melansit dari The Sun, Piala Eropa 2020 bakal menjadi turnamen antarnegara pertama bagi Timnas Finlandia. Sejak menjadi anggota FIFA pada 1908, mereka belum sekalipun mencicipi sengitnya turnamen internasional, baik Piala Eropa maupun Piala Dunia.

Fan Finlandia nampak mengajak foto Teemu Pukki usai memastikan negaranya lolos ke Piala Eropa 2020. (The Sun/AP:Associated Press)
Fan Finlandia nampak mengajak foto Teemu Pukki usai memastikan negaranya lolos ke Piala Eropa 2020. (The Sun/AP:Associated Press)

Lolosnya Finlandia ke Piala Eropa 2020 pun mendapat ucapan selamat dari Perdana Menteri Finlandia, Antti Rinne. Melalui unggahan di Twitternya, ia menyambut dengan suka cita terkait sejarah baru ini.

"Sebuah penampilan yang luar biasa. Selamat dan terima kasih! Oh Finlandia, oh Finlandia, oh Finlandia, akhirnya sepak bola laki-laki tampil di turnamen (antarnegara)," tulis Antti Rinne.

Selain itu, para fans Finlandia turut merayakan lolosnya Finlandia ke Piala Eropa 2020. Bahkan, saat wasit meniup peluit tanda laga bubar, para penonton turun ke lapangan untuk merayakan pencapaian ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS