Mengenal Lebih Dekat Pelatih Baru Barcelona, Quique Setien

Reky Kalumata
Mengenal Lebih Dekat Pelatih Baru Barcelona, Quique Setien
Quique Setien saat melatih Real Betis menghadapi Barcelona di Camp Nou pada lanjutan Liga Spanyol 2018. Josep LAGO / AFP

Barcelona telah menunjuk Quique Setien menggantikan Ernesto Valverde

Suara.com - Barcelona telah resmi menunjuk Quique Setien sebagai pelatih baru Barcelona. Setien menggantikan posisi Ernesto Valverde yang telah dipecat Barcelona.

Barcelona dan Valverde sepakat mengakhiri kontrak kedua pihak pada Selasa (14/1/2020). Pelatih 55 telah melatih Barca sejak 2017 dan telah menyumbangkan empat trofi domestik.

Barcelona langsung mengumumkan Setien sebagai pelatih anyar mereka. Pria 61 tahun itu diikat kontrak bersama Barcelona sampai 30 Juni 2022 dan akan segera diperkenalkan kepada publik.

Quique Setien saat masih melatih Real Betis ketika menghadapi Rennes di Liga Europa di Roazhon Park stadium. DAMIEN MEYER / AFP
Quique Setien saat masih melatih Real Betis ketika menghadapi Rennes di Liga Europa di Roazhon Park stadium. DAMIEN MEYER / AFP

Meski telah memiliki pengalaman melatih klub klub di Spanyol, namun masih belum banyak yang tahu mengenai siapa Quique Setien.

Klub Barcelona lewat laman resminya memberikan 10 hal untuk dapat mengenal lebih dekat dengan Setien pelatih baru yang akan menangani Lionel Messi dan kawan kawan.

  1. Quique Setien memulai kariernya sebagai atlet sepak bola pantai, dimana dia pernah memperkuat Timnas Sepak Bola Pantai Spanyol.
  2. Suporter Racing Santander menyebutnya dengan julukan El Maestro. Ia merupakan idola klub karena bermain di sana. Setien bermain sebanyak 12 musim dalam dua kesempatan dan juga melatih Racing Santander pada 2001/2002 serta membawa tim tersebut promosi ke La Liga.
  3. Setien adalah pelatih Cantabrian (sebuah daerah otonomi di utara Spanyol) ketiga di Barcelona setelah Enrique Orizaola dan Laureano Ruiz.
  4. Setien telah 22 kali menghadapi Barcelona sebagai pemain dengan catatan lima kali menang, lima imbang, dan 12 kalah, serta dua kali mencetak gol.
  5. Sementara sebagai pelatih, ia tujuh kali bertemu Barcelona dengan catatan sekali menang dan enam kali kalah. Menariknya, kemenangan Setien sebagai pelatih terjadi musim lalu di Camp Nou.
  6. Sebagai pelatih, dia pernah menukangi Racing Santander, Poli Ejido, Logroñés, Lugo, Las Palmas dan Betis. Selain itu, dia juga pernah melatih Guinea Ekuatorial selama pertandingan.
  7. Saat bertandang ke Camp Nou, Sergio Busquets memberikan jerseynya dan menuliskan, "Untuk Quique, dengan cinta dan kekaguman saya kepada Anda atas cara Anda melihat sepak bola. Terbaik!".
  8. Sebelum melatih Barcelona, Setien pernah melatih delapan mantan pemain Barca dan yang masih menjadi pemain Barcelona, yakni Bartra, Kaptoum, Tello, Sanabria, Araujo, Halilovic, Kevin-Prince Boateng, dan Junior Firpo.
  9. Setien juga sering kali memuji Barcelona dan Lionel Messi yang dianggapnya sebagai "pemain mewah dan pemain terbaik dalam sejarah." Setién terakhir kali melakukannya saat memuji penampilan Messi di Benito Villamarín.
  10. Selain sepak bola, Setien juga andal dalam bermain catur. Ia pernah menghadapi mantan pecatur nomor satu dunia, Anatoli Karpov dan Gary Kasparov.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS