Petugas VAR Akui Ada Human Error di Laga Chelsea Vs Tottenham

Syaiful Rachman
Petugas VAR Akui Ada Human Error di Laga Chelsea Vs Tottenham
Pemain Chelsea Jorginho kesakitan setelah mendapat tekel keras dari pemain Tottenham Hotspur dalam pertandingan Liga Inggris yang berlangsung di Stamford Bridge, Sabtu (22/2/2020). [AFP]

Pemain Chelsea sempat memprotes keras keputusan wasit atas pelanggaran Lo Celso.

Suara.com - Petugas VAR salah dalam mengambil keputusan menyusul pelanggaran yang dilakukan pemain Tottenham Hotspur Giovani Lo Celso di derby London, Sabtu (22/2/2020).

Dalam pertandingan pekan ke-26 Liga Inggris yang berlangsung di Stamford Bridge tersebut, Lo Celso melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Chelsea, Cesar Azpilicueta. Alih-alih mendapat hukuman kartu merah atau kuning, Lo Celso justru bebas dari sanksi wasit.

Setelah dilakukan evaluasi, Badan Pengawas Pertandingan, PGMOL, menyebut jika kesalahan tersebut murni human error, atau kesalahan dari petugas VAR. Ketika itu, David Coote yang bertanggung jawab atas sistem VAR di laga derby London.

Terjadi salah ambil keputusan, belum diketahui apakah Lo Celso akan diganjar sanksi atas aksi brutalnya tersebut meski laga sudah usai. Dalam aturan PGMOL tertulis aksi tidak disiplin pemain bisa kembali dievaluasi jika saat pertandingan terlewat oleh petugas VAR.

Pemain Chelsea Olivier Giroud berebut bola dengan pemain Tottenham Hotspur dalam pertandingan Liga Inggris yang berlangsung di Stamford Bridge, Sabtu (22/2/2020). [AFP]
Pemain Chelsea Olivier Giroud berebut bola dengan pemain Tottenham Hotspur dalam pertandingan Liga Inggris yang berlangsung di Stamford Bridge, Sabtu (22/2/2020). [AFP]

Sementara itu, Azpilicueta mengaku kaget dengan keputusan wasit. Karena pemain asal Brasil itu melihat jelas Lo Celso menginjak tulang keringnya.

"Saya bukan pemain yang senang berpura-pura. Saya melihat dan merasakan dia (Lo Celso) menginjak tulang kering saya," kata Azpilicueta usai pertandingan.

"Saya terkejut Lo Celso tidak diberikan kartu merah, kartu kuning pun tidak. Jelas ada yang berbuat kesalahan. Tapi jika ada rekaman semuanya dengan mudah dilihat," sambungnya seperti dikutip Sky Sports.

Dalam laga itu, Chelsea menang tipis 2-1. Dua gol The Blues dicetak oleh Olivier Giroud dan Marcos Alonso. Sementara satu gol Tottenham merupakan buah dari gol bunuh diri pemain Chelsea Antonio Rudiger.

Dengan tambahan tiga poin, Chelsea bertahan di posisi empat klasemen sementara Liga Inggris dengan 44 poin. Sementara Tottenham Hotspur yang mengantongi 40 poin, berada di posisi lima.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS