Eks Chelsea: Billy Gilmour Suksesor N'Golo Kante

Rully Fauzi
Eks Chelsea: Billy Gilmour Suksesor N'Golo Kante
Gelandang belia Chelsea, Billy Gilmour. (Daniel Leal-Olivas/AFP)

Pujian setinggi langit dilontarkan eks bek Chelsea untuk gelandang belia Billy Gilmour.

Suara.com - Mantan bek Chelsea, Gary Chivers melontarkan pujian setinggi langit pada wonderkid The Blues --julukan Chelsea, Billy Gilmour. Gelandang sentral yang baru berusia 18 tahun itu disebut sebagai suksesor N'Golo Kante, yang belakangan memang akrab dengan cedera. 

Musim 2019/2020 ini merupakan kampanye debut Gilmour bersama tim utama Chelsea, usai dipromosikan dari tim akademi (U-18) dan tim reserves (U-23) The Blues --julukan Chelsea. 

Setelah unjuk gigi bersama tim utama Chelsea pada awal musim di cup competitions, Gilmour tampil ciamik ketika dipercaya tampil penuh oleh pelatih Frank Lampard, yakni saat Chelsea menghajar Liverpool 2-0 di Piala FA serta Everton 4-0 di lanjutan Liga Inggris, awal Maret 2020 lalu.

Sayang, progres brilian Gilmour harus terhenti lantaran kampanye 2019/2020 memang tengah ditangguhkan sementara akibat pandemi Virus Corona.

Apa pun itu, Chivers mengaku cukup takjub dengan penampilan-penampilan apik yang ditampilkan Gilmour di musim ini.

"Saya belum pernah melihat pemain muda dengan karakter bermain seperti dirinya. Gilmour sangat efektif bermain di lapangan tengah. Ia adalah seorang gelandang sentral, namun ia juga tampak fasih berperan sebagai jangkar maupun gelandang serang. Ia cukup box-to-box," kata Chivers seperti dimuat Tribal Football.

"Frank Lampard sebagai pelatih tim utama harusnya bersyukur karena akademi Chelsea bisa menelurkan pemain sebagus dia. Gilmour tampak siap untuk terus mengawal lini tengah Chelsea, meski ia baru berusia 18 tahun. Sungguh potensi yang sangat hebat," celotehnya.

"Saya rasa Billy Gilmour saat ini hampir bisa menyamai permainan di level (N'Golo) Kante. Ia bisa maju dalam membantu serangan tapi juga bagus dalam bertahan. Sejujurnya, saya pikir dia pantas jadi suksesor Kante. Mungkin berlebihan saat ini, tapi saya merasa seperti itulah adanya," tutur Chivers.

"Saat melawan Liverpool, ia amat sangat bagus dalam mempertahankan bola. Rekan-rekannya jelas terbantu dengan permainannya saat itu," tukasnya.

Gilmour sendiri total telah tujuh kali tampil untuk Chelsea musim ini lintas ajang, dengan tiga diantaranya di pentas Premier League alias Liga Inggris.

Meski baru berusia 18 tahun, Gilmour juga telah menjadi pilar dari Timnas Skotlandia U-21 dan dipercaya akan segera menembus timnas senior saat sepakbola internasional kembali bergulir nanti.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS