Soal Gaji Persib Ikut Arahan PSSI, Umuh: Kalau 10 Persen Takut Pemain Kabur

Syaiful Rachman
Soal Gaji Persib Ikut Arahan PSSI, Umuh: Kalau 10 Persen Takut Pemain Kabur
Umuh Muchtar menyatakan mundur dari posisi Manajer Persib. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Sebelumnya PSSI mengeluarkan kebijakan yang memperbolehkan klub menggaji pemain dan pelatih sebesar 25 persen.

Suara.com - Manajemen Persib Bandung memutuskan untuk memotong honor pemainnya hingga 75 persen usai kompetisi Liga 1 2020 diliburkan akibat pandemi virus Corona Covid-19.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umuh Muchtar mengatakan pemotongan honor pemain itu dilakukan Persib mengikuti arahan dari PSSI yang mewajibkan membayar gaji pemain sebesar 25 persen selama kompetisi dihentikan.

"Ini kan kebijakan dari PT (PBB) mengambil keputusan karena sesuai anjuran PSSI. Kalau Persib dibedakan dengan yang lain, pasti nanti jadi kecemburuan dan jadi permasalahan, makanya ikuti dulu saja aturannya," ungkap Umuh, Rabu (8/4/2020).

Penyunatan gaji itu dilakukan Persib dalam durasi waktu selama 3 bulan kedepan. Ia pun masih belum bisa memastikan apakah pemotongan honor pemain itu akan diperpanjang atau tidak dan masih melihat situasi kedepan.

Para pemain Persib Bandung menjalani sesi latihan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. ANTARA/Dok. Persib.
Para pemain Persib Bandung menjalani sesi latihan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. ANTARA/Dok. Persib.

"Mungkin (pemotongan gaji itu) selama 2-3 bulan. Sekarang April, terus nanti Mei sampai Juni dicoba dilihat ya," jelasnya.

Umuh mengaku enggan menyunat honor penggawa Persib kurang dari 25 persen. Umuh berpendapat, meski kompetisi Liga 1 2020 terhenti, para penggawa Maung Bandung tetap harus memiliki pemasukan.

"Kalau (dibayar) 10 persen berarti tidak mengikuti aturan dan tidak manusiawi kalau 10 persen. Ini pun juga keputusan PSSI yang harus 25 persen jadi ikuti saja dulu. Siapa tahu cuma satu atau dua bulan kan sudah selesai akan menjadi lebih baik," bebernya.

Umuh pun mengaku khawatir kalau honor penggawanya dipotong hingga 90 persen, maka bisa jadi pemainnya malah pergi meninggalkan Persib. Padahal, performa skuat berjulukan Maung Bandung tengah berada di puncak dan berhasil memenangkan tiga pertandingan awal Liga 1 2020.

"Kalau hanya dikasih 10 persen saya khawatir pemainnya malah pada kabur, nanti jadi masalah. Bisa jadi kacau buat tim lain juga," tukasnya. (Aminuddin A.S.)

Kontributor : Aminuddin

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS