facebook

Crystal Palace Klaim Klub Profesional Tertua di Dunia, Apa Betul?

Rully Fauzi
Crystal Palace Klaim Klub Profesional Tertua di Dunia, Apa Betul?
Logo Crystal Palace. [AFP PHOTO/BEN STANSALL]

Ini berdasarkan temuan baru penelitian yang menyatakan Crystal Palace memiliki keterkaitan dengan tim yang terbentuk pada 1861 silam.

Suara.com - Klub Liga Inggris, Crystal Palace, mengklaim status sebagai tim sepakbola profesional tertua di dunia. Ini berdasarkan temuan baru penelitian yang menyatakan mereka memiliki keterkaitan dengan tim yang terbentuk pada tahun 1861 silam.

Sheffield FC (beda dengan Sheffield United dan Sheffield Wednesday) hingga saat ini diakui FA sebagai tim sepakbola amatir tertua di dunia, di mana klub tersebut didirikan pada 24 Oktober 1857 silam.

Sedangkan untuk tim profesional, status klub tertua hingga saat ini disandang oleh Notts County yang berdiri pada November 1862.

Crystal Palace sendiri diketahui secara umum didirikan pada 1905.

Baca Juga: Soal Kelanjutan Liga Inggris 2019/2020, Klopp: Jika Tak Bisa Jangan Dipaksa

Akan tetapi, hasil penelitian yang dituangkan dalam buku terbaru Peter Manning bertajuk "Palace at The Palace: A History of the Crystal Palace and It's Football Club 1851-1915" menyatakan bahwa Crystal Palace sebenarnya didirikan pada 1861 silam, serta memainkan pertandingan pertama mereka pada Maret 1862.

Pihak klub Crystal Palace sendiri bahkan melakukan sebuah wawancara khusus dengan Manning, yang diunggah di saluran YouTube The Eagles --julukan Crystal Palace, Rabu (22/4/2020), untuk menjabarkan temuan baru tersebut.

Disebutkan, pada 1852 silam perusahaan baja dan kaca, Crystal Palace Company didirikan. Perusahaan itu lantas membuka lapangan kriket lima tahun kemudian yang sekaligus mendirikan klub Crystal Palace.

Tradisi Inggris era Victorian mencatat bahwa atlet kriket biasanya bermain sepakbola pada musim dingin untuk menjaga kebugaran mereka, dan efeknya pada 1861 klub Crystal Palace mendirikan cabang sendiri untuk olahraga sepakbola.

Klub sepakbola Crystal Palace dilaporkan memainkan pertandingan pertamanya pada 15 Maret 1862.

Baca Juga: Wah! Putra Cucu Somantri Punya Jabatan Strategis di PT LIB

Setahun berselang ketika FA didirikan, salah satu atlet kriket Crystal Palace, Frank Day, menghadiri rapat perdana badan sepakbola Inggris tersebut.

Komentar