Wenger: Laga Tertutup Tanpa Penonton Bisa Merusak Sepakbola

Rully Fauzi
Wenger: Laga Tertutup Tanpa Penonton Bisa Merusak Sepakbola
Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger. [FRANCK FIFE / AFP]

Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger mengungkapkan kekhawatirannya.

Suara.com - Menggelar laga-laga sepakbola tanpa penonton di stadion bukanlah solusi jangka panjang, alias hanya penyelesaian jangka pendek selama pandemi COVID-19 ini.

Menurut mantan manajer Arsenal yang kini menjabat Kepala Pembangunan Global FIFA, Arsene Wenger, absennya penonton secara berkepanjangan bisa berdampak buruk bagi sepakbola.

Seperti diketahui, Bundesliga Jerman menjadi liga top Eropa pertama yang kembali melanjutkan musim 2019/2020 dalam situasi pandemi.

Namun, laga-laga yang sudah dimulai kembali sejak pekan lalu memang digelar secara tertutup sampai akhir musim, dengan protokol keamanan serta kesehatan yang sangat ketat.

"Apakah ini akan bertahan dalam jangka panjang (laga digelar secara tertutup)? Apakah ini akan merusak pertunjukan jangka panjang tanpa penonton? Saya yakin akan hal itu. Saya kira itu bisa merusak sepakbola, olahraga yang telah kita semua cintai sejak lama. Saya yakin ini tidak bagus," celoteh Wenger kepada beIN SPORTS.

"Anda tidak bisa bayangkan setengah musim atau satu musim tanpa penonton. Saya mendengar kebijakan ini berlanjut lebih lama, sampai musim depan. Saya tidak bisa membayangkan. Karena itulah, saya yakin ini hanyalah solusi jangka pendek," ucap pria berusia 70 tahun asal Prancis itu.

Sementara itu, Liga Inggris, tempat Wenger bekerja sebagai pelatih selama 20 tahun lebih, disebut-sebut bakal kembali dilanjut Juni 2020 setelah ditangguhkan sejak Maret lalu imbas pandemi.

Wenger sendiri meyakini, masalah kesehatan harus menjadi prioritas dalam keputusan apapun untuk memulai kembali kompetisi.

"Kita tidak bisa terlalu banyak disetir oleh alasan finansial dan mengambil risiko besar. Pertama kita harus memastikan ini aman secara medis," kata Wenger.

"Namun, saya tetap merasa bahwa laga-laga tanpa penonton itu tidak tepat. Ada sesuatu yang janggal dengan itu," tandas The Professor --julukan Wenger.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS