alexametrics

Liga Inggris Kembali Malam Ini, Tapi Jangan Cari Tayangannya di TVRI

Arsito Hidayatullah
Liga Inggris Kembali Malam Ini, Tapi Jangan Cari Tayangannya di TVRI
Logo TVRI, stasiun televisi yang belakangan memastikan tak lagi menayangkan Liga Inggris. [TVRI]

TVRI tidak lagi akan menayangkan laga Liga Inggris yang bakal kembali digelar malam ini dengan Liverpool kokoh memimpin klasemen sementara.

Suara.com - Mulai Rabu (17/6/2020) atau Kamis dini hari WIB, Liga Inggris (Premier League) akan kembali bergulir setelah dihentikan karena pandemi corona Covid-19 dengan klasemen sementara masih dipuncaki Liverpool. Namun, siaran langsung pertandingan tidak lagi akan ada di saluran TVRI yang pada paruh awal musim ini masih sempat menayangkan.

Informasi itu antara lain disampaikan sendiri oleh pihak TVRI melalui akun media sosialnya, salah satunya di Twitter. Menampilkan cuplikan berita mengenai itu, Rabu (17/6), Direktur Utama atau Dirut TVRI Iman Brotoseno mengonfirmasi bahwa pihaknya sudah memutuskan tidak lagi menayangkan Liga Inggris saat ini.

"Jadi memang kita saat ini memutuskan untuk tidak menayangkan dulu Liga Inggris karena terkait dengan beberapa hal-hal yang masih terpending ya, dengan pemilik Hak Siar Liga Inggris," ungkap Iman Brotoseno.

Baca Juga: Kapten Liverpool Takut Kelepasan Ngomong Jorok saat Liga Inggris Restart

"Jadi saya karena masih baru di sini, jadi saya harus agak hati-hati. Dan saya rasa harus melakukan konsolidasi dulu di dalam, melihat segala macam yang menjadi masalah dengan pemegang hak siar..." sambungnya.

"Jadi saya rasa kami juga sepakat untuk sementara tidak menayangkan dulu, agar semua permasalahannya menjadi jelas dan menjadi clear ya," pungkas Dirut TVRI yang baru saja menjabat tersebut, dalam wawancaranya yang ditayangkan di berita TVRI.

Dirut TVRI Iman Brotoseno dalam tayangan berita saat mengonfirmasi penghentian tayangan Liga Inggris. [Akun Twitter TVRI/captured]
Dirut TVRI Iman Brotoseno dalam tayangan berita saat mengonfirmasi penghentian tayangan Liga Inggris. [Akun Twitter TVRI/captured]

Diketahui, Liga Inggris Premier League sendiri fixed akan kembali melanjutkan kompetisi musim 2019-2020 yang terhenti akibat corona, per hari Rabu (17/6) ini. Laga pertama berlanjutnya kembali kompetisi ini akan memainkan Aston Villa vs Sheffield United, disusul kemudian Manchester City vs Arsenal.

Langkah itu menyusul beberapa liga besar Eropa lainnya yang sudah lebih dulu restart. Sebelumnya, mulai dari Liga Jerman (Bundesliga), hingga Liga Spanyol (La Liga) yang baru menghelat pertandingan lagi sejak pekan lalu, pun sudah kembali berjalan.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp tiba di markas latihan klub di Melwood, Liverpool, Inggris, Rabu (20/5/2020). [Laman resmi Liverpool]
Manajer Jurgen Klopp saat tiba di markas latihan klub yang sejauh ini masih melenggang di puncak klasemen Liga Inggris itu, di Melwood, Liverpool, Inggris, Rabu (20/5/2020). [Dok. Liverpool FC]

TVRI sendiri sejak pertengahan tahun lalu sebenarnya sempat menuai pujian dari banyak orang, ketika mengumumkan bakal ikut menayangkan langsung siaran Liga Inggris. Saluran TV milik pemerintah ini pun sempat naik kembali popularitasnya antara lain berkat tayangan sepak bola bergengsi tersebut.

Baca Juga: Jelang Restart Liga Inggris, Chelsea Pesta Gol 7-1 Lawan QPR

Namun kini, ketika sepak bola kembali bangkit --termasuk Liga Inggris sebagai salah satu yang paling populer di dunia-- usai didera pandemi Covid-19, justru TVRI memutuskan menghentikan tayangan langsung di saluran mereka. Sebagaimana disebutkan, ini antara lain terkait persoalan hak siar, yang di tengah khalayak juga menuai kontroversi termasuk saat diberhentikannya Helmy Yahya dari posisi Dirut TVRI.

Komentar