20 Gol dan 20 Assist, Lionel Messi Ukir Rekor Baru di Liga Spanyol

Rully Fauzi
20 Gol dan 20 Assist, Lionel Messi Ukir Rekor Baru di Liga Spanyol
Gestur kapten Barcelona, Lionel Messi pada laga Liga Spanyol 2019/2020 kontra Real Valladolid di Estadio Municipal Jose Zorrilla, Valladolid, Minggu (12/7/2020) dini hari WIB. [CESAR MANSO / AFP]

Messi membuat assist dalam kemenangan 1-0 Barcelona atas tuan rumah Real Valladolid.

Suara.com - Mengukir rekor demi rekor sudah menjadi hal yang lumrah bagi megabintang sekaligus kapten Barcelona, Lionel Messi. Teranyar, La Pulga membukukan rekor baru di Liga Spanyol usai membuat satu assist pada laga jornada ke-36 La Liga 2019/2020.

Belum juga diistirahatkan usai Liga Spanyol 2019/2020 restart, Messi kembali jadi tumpuan Barcelona pada laga kontra tuan rumah Real Valladolid di Estadio Municipal Jose Zorrilla, Minggu (12/7/2020) dini hari WIB tadi.

Tak mencetak gol, Messi tetap berkontribusi dengan membuat assist untuk gol tunggal Barcelona yang dicetak Arturo Vidal pada menit ke-15, sebagaimana Blaugrana sukses mengamankan kemenangan tipis nan vital 1-0.

Meski performa Barcelona naik-turun sepanjang Liga Spanyol musim ini, termasuk setelah kompetisi restart, penampilan Messi praktis tetap konsisten.

Di La Liga 2019/2020, Messi telah mengemas 22 gol dan 20 assist sejauh ini. Sementara bicara lintas ajang, penyerang berusia 33 tahun itu telah mencetak 27 gol serta 25 assist dari 40 laga yang telah dilakoni.

Sebagaimana dilansir Opta, Messi menjadi pemain pertama yang mampu mencatatkan 20 assist di kompetisi top-flight Spanyol sejak terakhir dibukukan mantan rekan setimnya di Barcelona, Xavi Hernandez.

Xavi menorehkan pencapaian itu pada Liga Spanyol 2008/2009.

Akan tetapi, Messi jelas lebih hebat dari Xavi. Pasalnya, sebelumnya belum ada pemain yang mampu mencetak rekor 20 gol dan 20 assist dalam satu musim Liga Spanyol.

Ya, rekor baru La Liga tercipta, dengan Messi menjadi pemain pertama yang mampu mencatatkan torehan apik tersebut, dengan sang megabintang bahkan telah mencetak 22 gol musim ini.

Di lima liga top Eropa, Messi sendiri merupakan pemain kedua pada abad ini yang mampu mencatatkan raihan 20 gol dan 20 assist atau lebih dalam satu musim.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS