Timnas Indonesia Tak Kunjung Gelar Latihan, Ketum PSSI Sampaikan Alasan

Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia Tak Kunjung Gelar Latihan, Ketum PSSI Sampaikan Alasan
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua dari kiri) memberikan keterangan pers usai pertemuan pengurus PSSI dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin (16/12/2019). (Antara / Agus Salim)

Empat hari lagi TC berakhir

Suara.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, buka suara mengapa Timnas Indonesia U-19 dan senior tidak kunjung menggelar latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Ia beralasan bahwa latihan perdana masih menunggu hasil tes usap (swab test) COVID-19.

"Kami masih menunggu hasil swab test yang dilakukan pada hari Kamis (30/7). Hasil swab test tidak bisa cepat karena total yang mengikuti banyak, hampir 100 orang (pemain dan ofisial)," ujar Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Selasa.

Dia melanjutkan, instruksi untuk menunggu hasil tes usap itu datang dari manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Pria asal Korea Selatan itu ingin memastikan semua pemain dan ofisial dalam keadaan sehat ketika berkegiatan di lapangan.

Sambil menunggu hasil tes usap, Shin memberikan menu latihan dalam ruangan kepada para pemain.

"Meski belum latihan di lapangan, pelatih Shin Tae-yong juga memberikan program latihan kepada pemain selama di hotel," tutur Iriawan.

Tim nasional dan U-19 Indonesia mengikuti pemusatan latihan (TC) yang rangkaian kegiatannya berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus 2020 di Jakarta. Semua kegiatan TC diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil manajer pelatih timnas Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

Awalnya, timnas senior dan U-19 dijadwalkan berlatih di lapangan mulai Sabtu (1/8), tetapi ditunda untuk waktu yang belum ditentukan karena menunggu hasil tes usap.

Bagi timnas Indonesia, TC itu sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yaitu menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020 dan bertandang ke Vietnam untuk melawan si empunya kandang pada 12 November 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS