Aturan Baru FA Inggris, Pemain Batuk Bisa Diganjar Kartu Merah

Irwan Febri Rialdi
Aturan Baru FA Inggris, Pemain Batuk Bisa Diganjar Kartu Merah
Logo The FA. (Dok. FA).

Aturan tegas dari FA di tengah pandemi virus corona

Suara.com - Otoritas sepak bola Inggris, FA, telah mengeluarkan aturan baru. Barang siapa yang sengaja batuk di hadapan wajah lawan atau wasit, pemain itu bisa diganjar kartu kuning atau bahkan kartu merah.

Aturan itu menjadi bagian regulasi anyar yang dikeluarkan FA untuk pertandingan sepak bola di tengah pandemi COVID-19 yang segera berlaku di semua kompetisi di Inggris demikian lansiran Reuters, Senin (4/8/2020).

Wasit diperbolehkan memberi hukuman tersebut apabila "yakin seseorang secara sengaja dan dari jarak dekat batuk ke wajah lawannya ataupun seorang ofisial pertandingan."

Dokumen regulasi anyar FA tersebut menyatakan pelanggaran itu tergolong dalam kategori penggunaan gestur dan/atau bahasa yang ofensif, menghina maupun bersifat pelecehan.

"Jika insiden itu tidak terlalu parah untuk diganjar kartu merah, peringatan bisa dikeluarkan wasit sebagai bagian dari perilaku tak sportif ataupun penghinaan terhadap pertandingan," demikian dokumen yang sama menyatakan.

Kendati demikian regulasi tersebut menekankan bahwa wasit harus bisa membedakan batuk yang wajar sembari terus mengingatkan agar pemain tidak meludah di lapangan, pun hal itu tidak dianggap sebagai tindakan melanggar. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS