alexametrics

Soroti Fisik, Shin Tae-yong Minta Pemain Tak Memaksakan Diri Main Penuh

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Soroti Fisik, Shin Tae-yong Minta Pemain Tak Memaksakan Diri Main Penuh
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, saat memimpin anak asuhannya pada latihan perdana di Kroasia (dok. PSSI)

Ia ingin pemain Timnas Indonesia U-19 memaksimalkan tenaganya walau hanya kuat bermain 10 menit.

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, kembali menyoroti fisik anak asuhannya. Juru taktik asal Korea Selatan itu melihat pemain-pemainnya memaksakan diri untuk bisa tampil 90 menit.

Hal ini dikatakan Shin Tae-yong jelang berhadapan dengan Kroasia yang berakhir dengan kekalahan 1-7. Selasa (8/9/2020). Pelatih berusia 51 tahun itu menilai pemain Timnas Indonesia U-19 belum kuat tampil selama 90 menit dengan fisik yang bagus.

"Tapi kita bisa lihat mereka berusaha bermain 90 menit semua (saat lawan Bulgaria). Artinya mereka coba mengatur sendiri nafas mereka," kata Shin Tae-yong dikutip dari kanal YouTube PSSI, Rabu (9/9/2020).

Latihan skuat Timnas U-19 di Kroasia (dok. PSSI).
Latihan skuat Timnas U-19 di Kroasia (dok. PSSI).

Padahal, di pertandingan uji coba ini Shin Tae-yong ingin melihat seberapa jauh fisik pemain bisa bertahan. Ia ingin Witan Sulaeman dan kawan-kawan memaksimalkan tenaganya walau hanya kuat bermain 10 menit.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-19 Dibantai Dua Pertandingan, Bagas Bertekad Bangkit

"Jadi seharusnya pemain bisa bekerjasama dan memaksimalkan dirinya. Mereka harus mengerti sampai menit ke berapa mereka bisa bermain," jelasnya.

"Baru setelah itu kita bisa atur tempo permainan kita. Dan pelatih bisa membuat taktik yang lebih baik berdasarkan kemampuan pemain," ia menambahkan.

Oleh sebab itu, mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini meminta pemain untuk tidak memaksakan diri untuk bisa bermain penuh di pertandingan. Yang terpenting saat ini mencoba seluruh kemampuan, mengingat baru laga uji coba.

"Jadi pesan saya jangan pernah mengatur nafas sendiri untuk dapat bermain 90 menit," pungkasnya.

Selain dibantai Kroasia 1-7 di ajang international friendly tournament, pada laga perdana Pasukan Merah Putih juga dipecundangi Bulgaria 0-3. Berikutnya, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Arab Saudi pada 11 September mendatang.

Baca Juga: 5 Hits Bola: Mantan Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl Tutup Usia

Komentar