Pelatih Persita Pasrah Soal Lanjutan Liga 1 2020

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Persita Pasrah Soal Lanjutan Liga 1 2020
Latihan Skuat Persita Tangerang (dok. Persita)

Meski kecewa, Pelatih Persita Widodo Cahyono Putro memahami hal tersebut

Suara.com - Lanjutan Liga 1 2020 masih belum ada kejelasan. Rencana menggulirkan kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu pada 1 November mendatang juga belum menemui titik terang.

Ini dikarenakan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi belum mendapat izin dari Polri. Pihak kepolisian belum mengeluarkan izin karena masih tingginya angka penyebaran virus corona di Tanah Air, serta sedang fokus mengamankan Pilkada serentak akhir tahun ini.

Meski kecewa, Pelatih Persita Widodo Cahyono Putro memahami hal tersebut. Ia pasrah karena Polri yang paling tahu keadaan, sehingga belum mau menerbitkan izin lanjutan kompetisi Liga 1.

Pelatih Persita, Tangerang, Banten, Widodo Cahyono Putro. (Antara)
Pelatih Persita, Tangerang, Banten, Widodo Cahyono Putro. (Antara)

"Ternyata tidak dapat izin dari kepolisian. Ya memang izin ini kan yang berwenang kan pihak Polri. Masalah keamanan, mereka ahlinya lah," kata Widodo Cahyono Putro dalam rilis resmi klub.

Baca Juga: Belum Ada Kepastian Lanjutan Liga 1, Barito Putera Liburkan Pemain

"Tapi di sisi lain, di sisi kami pelatih, memang sangat menyayangkan. Tapi itu memang ranahnya kepolisian," tambah mantan juru taktik Bali United tersebut.

Ada tiga opsi yang sudah disiapkan oleh PSSI terkait kompetisi musim ini. Jika tak bisa dilaksanakan pada November akan diundur sampai Desember tahun ini. Begitupun jika Desember tak direstui akan digeser sampai Januari 2021.

Namun, jika digelar pada bulan Desember 2020 atau Januari 2021, PSSI akan mengubah format kompetisi seperti menjadi dua wilayah. Ini dilakukan untuk mengantisipasi keterbatasan waktu karena akan ada Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Widodo mengatakan ketidakjelasan jadwal kompetisi ini membuat mood pemain menurun. Oleh karenanya, mantan pemain Persija jakarta ini sedang mencari cara mengembalikan semangat pemain.

“Ya, ini memang kemarin performance-nya sudah bagus, kami sudah siap, tapi karena ada penundaan, akhirnya kami harus menyiasati lagi. Makanya kemarin satu minggu saya liburkan," pungkas Widodo.

Baca Juga: Berlatih Sejak Agustus, Osvaldo Haay: Persija Siap Arungi Kompetisi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS