alexametrics

Semen Padang Tak Lanjutkan Proses Naturalisasi Yu Hyun Koo

Syaiful Rachman
Semen Padang Tak Lanjutkan Proses Naturalisasi Yu Hyun Koo
Pemain Semen Padang asal Korea Selatan Yu Hyun Koo (kanan) saat diperkenalkan oleh manajemen Semen Padang. ANTARA/Mario Sofia Nasution/aa.

Peluang Yu Hyun Koo untuk menjadi WNI tipis.

Suara.com - Manajemen Semen Padang Football Club (SPFC) memilih tidak melanjutkan proses naturalisasi pemain asing asal Korea Selatan Yu Hyun Koo yang sempat bergabung dengan tim "Kabau Sirah" di paruh musim Liga 1 2019.

Manajer Semen Padang FC, Effendi Syahputra di Padang, Senin (26/10/2020), mengatakan Semen Padang FC bukan tidak mau membantu proses naturalisasi Yu Hyun Ko namun peluang pemain berpaspor Korea Selatan itu menjadi warga Indonesia cukup kecil.

"Saya anggap tidak menjadi prioritas utama saat ini buat klub karena kebutuhan lain yang perlu dibenahi untuk klub," kata Effendi seperti dimuat Antara.

Menurut Effendi, posisi klub hanya membantu proses naturalisasi namun kalau memang tidak maka keinginan tersebut juga tidak dapat dipaksakan.

Baca Juga: Pemain Persija Jakarta Kembali Dirumahkan

Suasana laga Semen Padang vs Bali United pada laga pekan ke-30 Liga 1 2019 di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Senin (2/12/2019) petang WIB. [Laman resmi Bali United]
Suasana laga Semen Padang vs Bali United pada laga pekan ke-30 Liga 1 2019 di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Senin (2/12/2019) petang WIB. [Laman resmi Bali United]

"Saya pikir sulit untuk naturalisasi saat ini. Saya udah dapat info valid soal itu. Kalau klub lain mau mencoba ya silakan," katanya.

Menurut dia, Semen Padang sudah berusaha maksimal tapi proses yang dihadapi memang rumit.

Ia juga kecewa ketika mendengar publik terkesan menyalahkan Semen Padang FC.

“Bolanya bukan di kita karena kita bantu untuk rekomendasikan tapi yang mengurus kan bukan kita. Ada agen khusus yang mengurus itu," sambungnya.

Effendi menegaskan, ketika dirinya menjabat manajer tim berjuluk Kabau Sirah, memang tidak ada kesepakatan tentang proses naturalisasi pemain berposisi gelandang tersebut.

Baca Juga: Liga 1 Tak Jelas, Paul Munster Fokus Bahagiakan Skuat Bhayangkara FC

Ia juga meminta agar suporter memahami kondisi tersebut dan klub harus tetap berjalan tanpa bergantung pada satu pemain.

Komentar