alexametrics

Sejarah Sepak Bola Dunia yang Berawal di China

Rifan Aditya
Sejarah Sepak Bola Dunia yang Berawal di China
Ilustrasi sarung tangan kiper, penjaga gawang sepak bola. [Shutterstock]

Berikut ini Suara.com rangkum sejarah sepak bola dunia dan perkembangannya hingga kini.

Suara.com - Perhelatan Liga Champions yang sedang berlangsung membuat sejarah sepak bola dunia menjadi topik yang menarik untuk dibahas saat ini. Simak penjelasannya berikut.

Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di seluruh dunia. Bahkan, sepak bola termasuk olahraga yang banyak disukai oleh kebanyakan orang. Sebuah stadion sepak bola akan terisi penuh oleh para penggemar sepak bola ketika sebuah pertandingan sedang berlangsung. Dengan ini, tak heran jika banyak kanal media mengadakan siaran langsung pertunjukan sepak bola lokal maupun dunia.

Meskipun banyaknya penggemar sepak bola di seluruh dunia, beberapa diantaranya mungkin masih belum mengetahui asal usul sepak bola. Nah, berikut ini Suara.com rangkum sejarah sepak bola dunia dan perkembangannya hingga kini.

Sejarah Sepak Bola

Baca Juga: Sejarah Sepak Bola Indonesia dari Hindia Belanda hingga PSSI

Sejarah sepak bola kuno dimulai sejak abad ke-2 sebelum Masehi pada masa Dinasti Han di China. Masyarakat Tionghoa memiliki permainan tradisional T’su Chu dan permainan lain yang dianggap sebagai awal mula permainan sepak bola.

Pada masa Dinasti Han inilah masyarakat mulai memainkan permainan sepak bola dengan cara menggiring bola ke arah jaring kecil untuk dimasukan bolanya dengan cara menendang.

Sepak bola saat itu menggunakan bola kulit dan gawang yang berjaring kecil, sehingga untuk memasukkan bola ke gawang lawan cukup sulit. Pada masa itu permainan sepak bola dimainkan oleh para tentara China. Hal itu dilakukan agar para Tentara Cina tetap terlatih fisiknya dan sekaligus sebagai hiburan untuk perayaan ulang tahun kaisar.

Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Sedangkan pada abad ke-16, di Italia permainan sepak bola juga mulai digemari.

Beberapa ahli sejarah juga mengatakan bahwa sepak bola dikenalkan di Roma oleh bangsa Romawi Kuno yang disebut dengan nama episkyros. Selanjutnya, permainan sepak bola kuno ini berkembang menjadi permainan sepak bola modern.

Baca Juga: Sejak Kesehatan Maradona Menurun, Paus Selalu Mengingatnya Dalam Doa

Perkembangan Sepak Bola Modern

Komentar