alexametrics

PSSI Beri Isyarat Tak Turunkan Timnas U-19 di SEA Games 2021

Rauhanda Riyantama
PSSI Beri Isyarat Tak Turunkan Timnas U-19 di SEA Games 2021
Syahrian Abimanyu (jersey oranye) saat menjalani internal game bersama Timnas Indonesia untuk persiapan SEA Games 2021 (dok. PSSI).

PSSI tak mau terseret arus dengan maraknya kontestan negara lain yang menurunkan tim U-19 nya.

Suara.com - PSSI akhirnya memutuskan siapa yang akan diturunkan di ajang SEA Games 2021 di Vietnam. Adalah Timnas Indonesia U-22 yang akan dimainkan, bukan timnas U-19 seperti yang dilakukan oleh beberapa negara, termasuk Malaysia.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Melalui pesan tersirat, ia mengatakan bahwa PSSI punya cara sendiri dan tak mau ikut-ikutan negata lain, termasuk strategi berkompetisi di SEA Games.

"PSSI memiliki cara sendiri," ujar Indra Sjafri, dikutip dari Antara.

"PSSI sudah mempunyai rencana yang akan diterapkan oleh pelatih," tutur mantan pelatih yang pernah membawa Indonesia menjadi juara Piala AFF U-19 dan Piala AFF U-22 itu.

Baca Juga: Cari Pemain, Rudy Eka Priyambada Gelar Seleksi Timnas Putri Bulan Depan

Pada pertengahan Januari 2021, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) memastikan bahwa FAM akan mengutus timnas U-19 ke SEA Games 2021. Padahal, sesuai regulasi SEA Games maksimal usia pemain yang dapat berlaga di cabang olahraga sepak bola putra adalah 22 tahun.

Pada SEA Games 2019, diizinkan pula sebanyak-banyaknya dua pemain senior dengan umur di atas ambang batas untuk menjadi bagian dari skuad.

Menurut AFF, kebijakan menurunkan timnas U-19 di SEA Games 2021 diambil FAM karena tim asuhan pelatih Brad Maloney itu disiapkan untuk jangka panjang.

Bukan cuma di SEA Games 2021, timnas U-19 Malaysia juga diproyeksikan tampil di SEA Games ke-32 di Kamboja pada 2023 mendatang. Kemudian, mereka akan berlaga di Kualifikasi Olimpiade 2024.

Sementara PSSI sejauh ini menunjukkan bahwa mereka tetap membawa timnas U-22 ke SEA Games 2021. Timnas U-22, yang ditangani juru taktik asal Korea Selatan Shin Tae-yong, sudah menjalani pemusatan latihan (TC) perdana untuk SEA Games 2021 pada Desember 2020 di Jakarta.

Baca Juga: Rudy Eka Priyambada: Saya Mencari Pemain-pemain Pejuang

Ada 36 pemain yang mengikuti TC tersebut. Mereka rencananya akan kembali mengikuti TC pada Februari 2021. Akan tetapi, jadwal itu masih bisa berubah, disesuaikan dengan situasi pandemi COVID-19 di tanah air.

Komentar